Berita Palangkaraya

BI Perwakilan Kalteng Ajak Cinta Bangga Paham Rupiah, Kenali Ciri Keaslian Uang dan Rawat Dengan 5 J

Bank Indonesia perwakilan Kalteng mengajak masyarakat untuk cinta bangga dan paham mengenai rupiah, hal itu disampaikan pada HUT Tribunkalteng.com

Penulis: Ghorby Sugianto | Editor: Sri Mariati
Tribunkalteng.com/Ghorby Sugianto
Asisten Penyedia Perkasan Unit Pengelolaan Uang Rupiah BI Kalteng, Norman Efwar(kiri) saat mengajak masyarakat untuk cinta bangga dan paham rupiah saat HUT ke 1 Tribunkalteng.com di halaman Dekranasda, Palangkaraya. 

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA - Bank Indonesia (BI) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), turut menyukseskan ulang tahun ke-1 Tribunkalteng.com, pada Sabtu (1/10/2022).

Pihak BI Kalteng pun mengajak masyarakat yang datang untuk cinta bangga dan paham rupiah.

Hal itu disampaikan Asisten Penyedia Perkasan Unit Pengelolaan Uang Rupiah BI Kalteng, Norman Efwar.

Dia menuturkan, progam cinta bangga dan paham rupiah merupakan wujud komprehensif mengenali keaslian rupiah dan cara merawatnya.

"Cinta Rupiah ditunjukkan dengan mengenali, merawat, dan menjaga Rupiah sebagai satu-satunya alat pembayaran yang sah di wilayah NKRI," ujarnya.

Untuk melihat keaslian uang Rupiah dijelaskan dapat dilihat diraba dan ditrawang. Dari sisi nominal, warna, gambar pahlawan dan benang pengaman.

Baca juga: Forum Komunkasi Media BI Kalteng 2022, Jurnalis Dikenalkan Museum Bank Indonesia di Jakarta

Baca juga: Uang Kertas Emisi 2022 Dikenalkan BI Kalteng, Simak Cara dan Jadwal Penukaran Uang di Palangkaraya

Menurutnya, dengan menjaga dan merawat rupiah, ciri keaslian Rupiah menjadi mudah dikenali dan menghindari peredaran uang palsu dan tidak layak edar.

Bangga Rupiah ditunjukkan dengan menggunakan rupiah di setiap transaksi. Dengan menggunakan Rupiah pada setiap transaksi.

Maka sudah ikut membantu menjaga kestabilan nilai tukar rupiah dan membangun kepercayaan dunia pada Rupiah.

Paham Rupiah ditunjukkan dengan memahami fungsi rupiah sebagai nilai tukar dan cara mengelolanya. Misalnya dengan bertransaksi dan berbelanja dengan bijak, berhemat, dan berinvestasi.

Kemudian dia menyampaikan, untuk merawat Rupiah dapat melalui pengaplikasian 5 J, yaitu jangan dilipat, jangan dicoret, jangan dibasahi, jangan disteples dan jangan diremas.

Baca juga: Waspada Peredaran Upal, BI Kalteng: Kenali Keaslian dengan 3D, Jika Ragu Lapor ke Bank Setempat

Baca juga: BI Kalteng Siapkan Rp 3,3 Triliun di Bulan Ramadhan, Warga Tarik Uang Meningkat

Sementara itu, bagi masyarakat yang ingin menukar uang Rupiah emisi 2022, pecahan Rp 100 ribu hingga Rp 1.000 dapat melalui bank terdekat atau Kas Keliling BI Kalteng.

"Masyarakat bisa memonitoring melalui media resmi BI Kalteng disana bisa mendapat informasi kapan kas keliling BI dilakukan dan dimana tempatnya. Untuk mendaftar dapat di website https.pintar.bi.go.id." bebernya. (*)

 

Sumber: Tribun Kalteng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved