Kotim Habaring Hurung

Warga Terdampak Banjir Kotim Dapat Bantuan, Gubernur Sugianto Serahkan 560 Paket Sembako

Warga Terdampak Banjir Kotim Dapat Bantuan. Gubernur Sugianto Sabran menyerahkan bantuan sebanyak 560 Paket Sembako kepada Bupati Kotim untuk warga.

Penulis: Devita Maulina | Editor: Fathurahman
Dok. Prokopim Kotim
Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran, bersama Wagub Kalteng, Edy Pratowo, Sekda Kalteng, Nuryakin, dan Bupati Kotim, Halikinnor memimpin pertemuan terkait pengendalian inflasi daerah bersama seluruh jajaran Pemkab Kotim. Dalam kesempatan itu, Warga Terdampak Banjir Kotim Dapat Bantuan. Gubernur Sugianto Sabran menyerahkan bantuan sebanyak 560 Paket Sembako kepada Bupati Kotim untuk dibagikan ke warga terdampak banjir. 

TRIBUNKALTENG.COM, SAMPIT - Warga Terdampak Banjir Kotim Dapat Bantuan, Gubernur Sugianto Sabran menyerahkan bantuan sebanyak 560 Paket Sembako kepada bupati untuk warga terdampak banjir.

Pada kesempatan tersebut ia pun menyerahkan bantuan paket sembako bagi warga yang terdampak banjir di Kotim.

Bantuan diserahkan secara simbolis kepada Bupati Kotim, H Halikinnor SH MM, sebanyak 560 paket.

Setiap satu paket bernilai sekitar Rp 450 ribu, terdiri dari beras, gula, susu, minyak goreng, dan lain-lain.

Sugianto mempersilakan Pemkab Kotim untuk mengatur pembagian paket sembako itu, baik diserahkan sekaligus per paket atau ingin dibagi dua agar lebih banyak warga yang dapat menerima bantuan itu.

Baca juga: Penemuan Jenazah di Sampit, Pria Paruh Baya Ditemukan Tak Bernyawa di Tepi Jalan Pangeran Antasari

Baca juga: Prakiraan Cuaca Wilayah Kalteng Besok, Didominasi Berawan, 4 Wilayah Hujan Intensitas Ringan

Baca juga: NEWS VIDEO, Gubernur H Sugianto Sabran Hadiri Pasar Murah di Kotim, 2.500 Paket Sembako Gratis

Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng), Sugianto Sabran, menginstruksikan kepada Bupati Kotawaringin Timur (Kotim) dan jajaran untuk mendata warga yang bermukim di pinggiran Daerah Aliran Sungai (DAS).

Pasalnya, orang nomor satu di tambun bungai ini berniat menyalurkan bantuan bagi warga yang bermukim di bantaran sungai.

Karena dinilai rentan terdampak musibah, baik yang disebabkan bencana alam  maupun akibat perbuatan oknum yang melakukan penambangan ilegal dan penebangan liar.

“Saya minta Bupati dan Sekda untuk mendata masyarakat Kotim yang berada di pinggiran sungai. Mulai dari daerah hulu sampai hilir data semuanya,” perintahnya.

Hal ini ia sampaikan dalam kunjungan kerjanya ke Kotim sejak Minggu (26/9/2022) untuk menghadiri pasar murah di Kota Sampit dan dilanjutkan peninjauan pasar di Kecamatan Telawang hari ini, Senin (26/9/2022).

Sugianto membeberkan instruksi serupa kepada kepala daerah yang wilayahnya masuk dalam DAS Barito, sehingga pada kesempatan berkunjung ke bumi habaring hurung itu ia menyampaikan hal serupa agar ditindaklanjuti untuk DAS Mentaya yang ada di Kotim.

“Kemarin di DAS Barito sudah didata, tinggal di DAS yang ada di Kotim ini. Jadi tolong bupati data ada berapa Kepala Keluarga (KK) agar bisa segera disiapkan bantuannya,” ujarnya.

Ia tergerak untuk membantu masyarakat di pinggiran sungai lantaran menurutnya dengan adanya inflasi, penambangan ilegal dan penebangan liar, ditambah lagi dengan adanya musibah banjir yang melanda sebagian wilayah Kotim saat ini tentu akan berdampak besar dan membebani masyarakat.

Baca juga: Kepala Dinas Kominfo Kotim, Multazam: Tribun Kalteng Mampu Tangkal Berita-berita Bohong

Baca juga: Pasar Murah Kotim Digelar Tiap Hari, Gubernur Instruksikan Pelaksanaan Hingga Akhir September 2022

Apalagi, dari informasi yang ia dapat sebagian petani hortikultura di Kotim mengalami gagal panen akibat lahan yang terdampak banjir.

Kondisi ini tentu lebih mempersulit masyarakat dan dapat berdampak pada kenaikan harga sayur-sayuran. Oleh sebab itu, melalui bantuan ini ia ingin membantu meringankan beban tersebut.

“Saya ingin membantu mereka, kebijakan ini kita yang membuat. Jadi data ada berapa KK yang bisa kita bantu. Memang harga sawit sedang bagus, tapi kalau inflasi tak terkendali, maka masyarakat kita tidak bisa menabung,” tuturnya.(*)

Sumber: Tribun Kalteng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved