Berita Palangkaraya

Prakiraan Cuaca Wilayah Kalteng Besok, Didominasi Berawan, 4 Wilayah Hujan Intensitas Ringan

Prakiraan Cuaca Wilayah Kalteng, pantauan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisik (BMKG) besok Berawan & sebagian diguyur hujan intensitas ringan.

Penulis: Ghorby Sugianto | Editor: Fathurahman
Tribunkalteng.com/ Ghorby Sugianto
Permukiman di sekitar Sungai Kahayan, Palangkaraya, Kalimantan Tengah, saat cuaca berawan. 

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA -Prakiraan Cuaca Wilayah Kalteng, pantauan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisik (BMKG) besok Berawan & sebagian diguyur hujan intensitas ringan.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Kelas I Palangkaraya memperkirakan cuaca di Kalimantan Tengah rata-rata berawan

Hal itu disampaikan prakiraan Rahmat Alfandy, menurutnya hari ini terdapat 10 Kabupaten dan Kota yang berpotensi tidak hujan, sementara 4 wilayah lainnya hujanintesitas ringan. 

Wilayah dengan cuaca berawan adalah, Tamiang Layang, Sukamara, Sampit, Pulang Pisau, Pangkalan Bun, Palangkaraya, Kuala Pembuang, Kuala Kapuas, Kasongan dan Buntok. 

"Untuk wilayah yang potensi hujan intensitas ringan, Puruk Cahu, Nanga Bulik, Muara Teweh dan Kuala Kurun," kata Rahmat Alfandy, Senin (26/9/2022).

Baca juga: Dampak Banjir di Kotim, Lahan Pertanian Warga Terendam Harga Sayuran Lokal di Sampit Naik

Baca juga: Banjir di Palangkaraya, Ketinggian Air 13 Kelurahan Mulai Surut BPBD Imbau Warga Tetap Waspada

Baca juga: Memasuki Musim Kemarau, Prakiraan BMKG Curah Hujan di Sebagian Wilayah Kalteng Minim

Tidak ada peringatan dini terhadap potensi cuaca hujan lebat disertai angin kencang dan petir, yang dapat mengakibatkan banjir, luapan sungai atau pohon tumbang. 

Prakiraan cuaca hari Selasa (27/9/2022), 12 wilayah di Kalteng juga diperkirakan berawan, meliputi Tamiang Layang, Sukamara, Sampit, Pulang Pisau, Pangkalan Bun, Palangkaraya.

Selanjutnya, Kuala Pembuang, Kuala Kapuas, Kasongan dan Buntok, Muara Teweh dan Kuala Kurun. Hanya Pangkalan Bun dan Nanga Bulik diperkirakan hujan ringan pada siang hari. 

Sementara itu, tekanan udara di wilayah Indonesia pada umumnya berkisar antara 1008 – 1015 hPa. 

Angin di wilayah Indonesia bagian utara umumnya bertiup dari arah Tenggara – Barat, sedangkan untuk wilayah Indonesia bagian selatan arah angin bertiup dari arah Timur Laut – Barat Laut.

Suhu udara berkisar antara 22°C – 33°C. Kelembaban udara berkisar antara 60 persen – 100 persen. Angin umumnya bertiup dari arah Utara – Barat Daya dengan kecepatan berkisar antara 10 – 20 km/jam.

Prakiraan hingga 29 September 2022, BMKG Palangkaraya memperkirakan kondisi cuaca wilayah Kalyeng, umumnya berawan hingga hujan ringan dan masih berpotensi hujan lebat. (*)

 

Sumber: Tribun Kalteng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved