Piala Dunia 2022

Bukan Neymar atau Mbappe, Lionel Messi Lebih Menguntungkan Bagi PSG di Segi Bisnis, Ini Sebabnya

Sebab Lionel Messi Bikin PSG Kaya Jelang Piala Dunia 2022, Bukan Jersey Neymar atau Kylian Mbappe Terlaris

Editor: amirul yusuf
Instagram @psg
Lionel Messi beraksi saat timnya Paris Saint-Germain (PSG) ditundukkan Manchester City 2-1 di matchday 5 Liga Champions (UCL) Kamis (25/11) dini hari WIB. Kini Messi targetkan juara di Piala Dunia 2022 

TRIBUNKALTENG.COM - Kehadiran Lionel Messi menjadi berkah tersendiri bagi PSG di Liga Prancis jelang Piala Dunia 2022 Qatar.

Pada tahun pertamanya di Paris Saint-Germain (PSG), Lionel Messi yang juga merupakan kapten Timnas Argentina ini mampu berpengaruh di luar lapangan daripada di dalam lapangan.

Lionel Messi meninggalkan Barcelona musim panas lalu setelah klub tidak dapat memperpanjang kontraknya karena masalah keuangan yang diderita.

PSG berhasil mendapatkan Lionel Messi yang merupakan pemenang Ballon d'Or tujuh kali, sekaligus memberikan kejutan ke seluruh dunia sepak bola.

Namun, musim pertama Messi di Paris tidak berjalan sesuai rencana. Dia hanya mencetak 11 gol dari semua kompetisi.

Meskipun pemain legendaris Argentina itu meraih medali juara Ligue 1, PSG gagal memenangkan Liga Champions dan Messi hanya berhasil mencetak 11 gol di semua kompetisi.

Kapten Timnas Argentina Lionel Messi saat memperkuat PSG, targetkan juara di Piala Dunia 2022
Kapten Timnas Argentina Lionel Messi saat memperkuat PSG, targetkan juara di Piala Dunia 2022 (Kolase/Twitter@PSG_Inside via Tribun-Bali.com)

Dia dikritik secara luas karena berjuang untuk beradaptasi dengan kehidupan di Prancis tetapi itu tidak menghentikan sponsor dan penggemar yang memenuhi kantong PSG sebagai berkah dari kedatangannya.

Menurut laporan sensasional dari Marca, dikutip Sabtu, (24/9/2022), PSG menghasilkan £610 juta yang menggiurkan sebagai hasil dari kedatangan Lionel Messi.

Bahkan dari bursa transfer Lionel Messi sendiri mengamankan hingga 10 sponsor baru.

Dan biaya untuk sponsorship PSG naik dari sekitar £2,6 juta menjadi £6,9 juta setelah kedatangan Lionel Messi.

Beberapa sponsor adalah merek terkenal seperti Dior, Gorillas, Crypto.com, PlayBetR, GOAT, Snart Good Thins, Volt, Big Cola, Sports Water dan Autohero.

Kaos Lionel Messi juga sangat diminati dengan ikon sepak bola itu mengambil 60 persen dari penjualan PSG. Lebih laris dari jersey Neymar dan Kylian Mbappe.

PSG menjual lebih dari satu juta kaos, dengan harga mulai dari £79 hingga £ 140.

Marc Armstrong, direktur bisnis PSG, menjelaskan bahkan klub tidak dapat memenuhi semua permintaan kaos Messi.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved