Berita Kalteng

Mahasiswa Kalteng di Malang Jawa Timur, Gelar Festival Tarian Daerah Mamangun Mahaga Lewu

Mahasiswa Kalteng di Jawa Timur, gelar festival tarian daerah dengan tema mamangun mahaga lewu untuk memperkenalkan kesenian Bumi Tambun Bungai.

Editor: Fathurahman
Istimewa
Mahasiswa Kalteng di Malang Jawa Timur, gelar festival tarian daerah dengan tema mamangun mahaga lewu untuk memperkenalkan kesenian Bumi Tambun Bungai di tanah jawa. 

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA- Mahasiswa Kalteng di Malang Jawa Timur Gelar Festival Tarian Daerah. Dalam rangka menguatkan dan memperkenalkan kebudayaan daerah Kalteng, mereka menggelar kegiatan Festival Mamangun Mahaga Lewu.

Kegiatan festival  didakan oleh Himpunan Mahasiswa Pelajar Kalimantan Tengah (HMPKT) Malang Raya, dalam rangka hari jadi yang ke-5 tahun, dilaksanakan pada Sabtu (17/9/2022), malam.

Kegitan tersebut juga untuk silaturrahmi antar sesama warga Kalteng terutama mahasiswa asal Kalteng, juga meningkatkan komunikasi dan koordinasi antar mahasiswa di perantauan.

Festival tari daerah Kalteng tersebut dilaksanakan di Gedung Kesenian Gajayana, Kota Malang, Jatim tersebut, dihadiri sebanyak 334 orang mahasiswa dan sesepuh hingga sebagian orangtua siswa.

Baca juga: Kesenian Kuda Lumping hingga Ogoh-ogoh Turut Meriahkan Festival Budaya Isen Mulang 2022

Baca juga: Banjir di Kotawaringin Timur , Warga Huniannya Terdampak Banjir Berharap Program Relokasi Rumah

Baca juga: Ruang Kelas SMPN 3 Sampit Terbakar, Diduga Akibat Kelalaian Pelajar Saat Praktek Membuat Briket

Perwakilan Pemerintah Provinsi Kalteng diwakili oleh Badan Penghubung Wilayah Provinsi Kalteng,  hadir sekaligus memberikan arahan hingga wejangan bagi mahasiswa di Malang Raya.

Selain mahasiswa asal Kalteng di Malang Raya, juga turut hadir sejumlah organisasi mahasiswa dari daerah lainya, seperti Aceh, Minang, Sulteng, Jabar, dan lainya.

Mahasiswa di Malang bersyukur bisa melaksanakan kegiatan Festival Mamangun Mahaga Lewu, yang dilaksanakan oleh sahabat mahasiswa HMPKT-Malang Raya.

Ini juga sekaligus syukuran hari jadi ke-5 tahun, dimana konsepnya untuk silaturrahmi sesama kawan kawan mahasiswa Kalteng, juga memperkenalkan budaya  kalteng.

"Kami ingin mengenalkan budaya Kalteng kepada rekan mahasiswa dari berbagai daerah di nusantara,” kata ketua panitia pelaksana kegiatan, Andika Alfitra, di sela sela kegiatan.

Sementara itu, dalam kegiatan yang dibuka oleh Diwung SH, Kepala Badan Penghubung Provinsi Kalteng di Jakarta yang hadir di Kota Malang, menyampaikan apresiasinya dan bangga kepada mahasiswa selain kesibukan menuntut ilmu juga melakukan berbagai kegiatan pelestarian budaya lokal Kalteng dan terus menghidupkan kebudayaan asli Kalteng.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kalteng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved