Berita Palangkaraya

Lolos Uji Kelayakan & Kepatutan, 3 Calon Anggota Bawaslu Kalteng 2022-2027 Akan Dilantik di Jakarta

Bawaslu Republik Indonesia mengumumkan tiga calon Anggota Bawaslu Kalteng 2022-2027 yang lolos Uji Kelayakan & kepatutan & akan dilantik di Jakarta.

Penulis: Ghorby Sugianto | Editor: Fathurahman
tribunkalteng.com
Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kalimantan Tengah, Satriadi saat memaparkan terkait rencana pelantikan tiga calon Anggota Bawaslu Kalteng 2022-2027 yang lolos Uji Kelayakan & kepatutan. 

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA - Bawaslu Republik Indonesia mengumumkan tiga calon Anggota Bawaslu Kalteng 2022-2027 yang lolos Uji Kelayakan & kepatutan.

Selanjutnya, ketiga calon anggota Bawaslu Kalteng tersebut dijadwalkan akan dilantik di Jakarta. Hal itu disampaikan oleh Ketua Bawaslu Kalteng, Satriadi yang saat ini masih memimpin lembaga tersebut.

Satriadi yang terpilih kembali sebagai calon anggota bawaslu untuk periode berikutnya, tersebut mengatakan pelantikan dilakukan dalam waktu dekat.

"Tahap selanjutnya setelah pengumuman hasil uji kelayakan dan kepatutan Calon Anggota Bawaslu Kalteng akan dilantik di Jakarta tanggal 21 September 2022 mendatang," kata Satriadi, Senin (19/9/2022).

Baca juga: Bawaslu Kalteng Cermati SIPOL, Temukan Parpol Tak Cantumkan Kontak LO dan Alamat Tidak Jelas

Baca juga: Bawaslu Kalteng Temukan Dugaan 10.500 Anggota Parpol Bermasalah, Paling Banyak di Kobar

Baca juga: Ketua Bawaslu Kalteng Ungkap, 6 Jajaran Bawaslu Kabupaten Tercatat Dikeanggotaan Parpol Dalam Sipol

Adapun nama-nama Calon Anggota Bawaslu yang lolos seleksi tersebut adalah, Satriadi, Siti Wahidah dan Winsi Kuhu dengan masa jabatan 2022-2027.

Dalam proses seleksi tersebut dilakukan melalui serangkaian proses panjang dan merupakan terobosan baru. 

Sebagai upaya membangun kepercayaan publik, Bawaslu melakukan proses seleksi secara transparan dengan membentuk tim seleksi dengan penuh kehati-hatian.

Peran Bawaslu saat ini memiliki tantangan, dimana Pemilu 2024 akan digelar serentak. Sehingga tidak ada waktu santai setelah pelantikan nanti. 

"Setelah dilantik nanti, tentunya Bawaslu Kalteng menambah kecepatan. Karena akan ada pembentukan pengawas Ad Hoc Panwaslu Kecamatan," jelas Satriadi. 

Dia pun menuturkan kemungkinan setelah Pelantikan dan pembekalan akan langsung bekerja secara totalitas, mengingat rangkaian tahapan Pemilu 2024 padat dan kian dekat. 

Diharapkan jajaran pengawas ad hoc ini bisa bantu tugas Bawaslu ke depan. Melalui kolaborasi dalam menjalankan tugas-tugas pengawasan demi menciptakan pemilu yang luber dan jurdil. (*)

Sumber: Tribun Kalteng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved