Kopi Khas Dayak Kalteng

Lipsus, Erika Sebut Dukungan Pemerintah Melestarikan Produk Unggulan Lokal Dirasa Sangat Penting

Lipsus, Erika mengatakan peran pemerintah dalam mendukung usahnya Kopi Dayak buatannya sangat membantu, mulai dari miliki izin, hingga pemasaran

Penulis: Ghorby Sugianto | Editor: Sri Mariati
ISTIMEWA
Lipsus, Erika melakukan pengemasan produk kopi Dayak setelah melalui proses olahan yang cukup panjang, dan siap untuk dipasarkan. 

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA - Lipsus, Meski awal melangkah membuat produk kopi Dayak Erikano murni melalui uang pribadi, namun Erika tidak menyangkal peran penting Pemerintah dalam memuluskan usahanya hingga saat ini.

Bukti dukungan dari Pemerintah Kota Palangkaraya menurutnya dimulai dari berbagai izin yang diterbitkan, pemasaran hingga wawasan mengenai kopi.

"Pemerintah sangat mendukung, berbagai izin dan dukungan lainnya dipermudah. Harapannya ya semakin dikembangkan agar masyarakat lokal semakin mencintai produk lokal," jelas Erika saat dibincangi Tribunkalteng.com.

3 tahun berlalu saat merintis usahanya, kini Erikano mulai dikenal oleh masyarakat Kalteng sendiri yang awalnya tidak tahu jika ada Kopi Dayak.

Respon masyarakat rerata menyambut baik dan mengapresiasi akan rasa kopi racikannya yang dibandrol Rp 24 ribu untuk kopi Dayak Erikano dan Rp 40 ribu Kopi Dayak Erikano Bajakah.

Baca juga: Lipsus, Kenalkan Kopi Khas Dayak Kalteng, Erika Berencana Rintis Buka Cafe Kopi Konsep Lokal

Baca juga: Lipsus, Proses Olahan Biji Kopi Dayak Kalteng dari Dataran Rendah Pangkoh Pulang Pisau

Baca juga: Lipsus, Kopi Khas Dayak Erikano Kalteng, Paduan Rempah Warisan Leluhur Bikin Nagih

Kopi tersebut di pasarkan lewat, Dekrnasda, pusat oleh-oleh di Jalan Batam, Palangkaraya dan tokoh lainnya. Selain itu, Erika juga memasarkan lewat media sosial dan berbagai kenalannya.

Kopi dengan berat 180 gram itu sudah melalang buana, pernah dikirim di Surabaya, Jakarta dan daerah lainnya di Indonesia.

"Pengirimannya saat ini masih tahap nasional di Indonesia, seperti Surabaya, Jakarta dan daerah lainnya. Kita pernah dapat pesanan dari luar negeri namun belum tahu caranya dan bea cukainya mahal," katanya.

Kendati demikian, dia bercita-cita suatu saat produk Kopi Dayak Erikano buatannya dapat tembus di pasar manca negara menjadi berkat bagi setiap orang. (*)

Sumber: Tribun Kalteng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved