Kotim Habaring Hurung

Peringati HKGN 2022 di Kotim, Pegawai Dari 17 Kecamatan & 21 Puskesmas Ikuti Sikat Gigi Massal

Peringati HKGN 2022 di Kotim, dilaksanakan Pemkab Kotim dengan mengerahkan Pegawai yang ada di 17 Kecamatan & 21 Puskesmas mengikuti Sikat Gigi Massal

Penulis: Devita Maulina | Editor: Fathurahman
Tribunkalteng.com/ Devita Maulina
Peringati HKGN 2022 di Kotim. Tampak semangat anak-anak SDN 3 Mentawa Baru Hulu, Sampit, mengikuti kegiatan sikat gigi massal yang digelar Pemkab Kotim dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Nasional (HKGN) 2022. Kegiatan tersebut diadakan serentak di 17 kecamatan dan 21 puskesmas di wilayah Kotim. 


TRIBUNKALTENG.COM, SAMPIT - Peringati HKGN 2022 di Kotim atau Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Nasional di Indonesia yang jatuh tanggal 12 September 2022.

Pemkab Kotim menggelar kegiatan sikat gigi massal yang dilaksanakan secara serentak di 17 kecamatan dan 21 puskesmas yang ada di Kotim.

Khususnya, untuk peringatan HKGN tingkat Kabupaten Kotim dipusatkan di SDN 3 Mentawa Baru Hulu, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, Sampit, Senin (12/9/2022). Kegiatan tersebut disambut antusias oleh para pelajar Sekolah Dasar (SD).

Hadir dalam acara tersebut, Wakil Bupati Kotim Irawati S.Pd yang memimpin pembukaan kegiatan yang digelar dibawah koordinasi Dinas Kesehatan (Dinkes) Kotim tersebut. Wanita yang pernah menjadi guru SD ini menekankan pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Baca juga: Polres Kotim Tertibkan Knalpot Brong, Dikeluhkan Warga 16 Kendaraan Roda Dua Diamankan Petugas

Baca juga: Camat Parenggean Kotim Wajibkan Setiap PBS di Wilayahnya Bantu Warga Terdampak Banjir

Baca juga: Mahasiswi Pembuang Bayi Laki-Laki di Palangkaraya Hasil Hubungan Gelap Ditetapkan Sebagai Tersangka

“Hal ini penting karena adanya gangguan kesehatan gigi dan mulut di samping memberikan efek berupa tidak konsentrasinya dalam belajar, bekerja dan rutinitas harian, serta mengurangi rasa percaya diri juga terkadang mengganggu hubungan dengan orang lain,” tuturnya.

Oleh karena itu, partisipasi dan kepedulian terkait kesehatan gigi dan mulut sangat diperlukan. Pada kesempatan itu, Irawati mengajak semua yang hadir dalam acara tersebut, terutama praktisi pendidikan dan kesehatan serta organisasi profesi, agar secara berkesinambungan dan terintegrasi melakukan upaya kesehatan gigi dan mulut di sekolah maupun madrasah.

Yakni, dengan menjadikannya sebagai bagian dari program usaha kesehatan sekolah/madrasah (UKS) berupa upaya peningkatan kesehatan (promotif) dan pencegahan penyakit gigi dan mulut (preventif), baik dengan komunikasi informasi dan edukasi (KIE) kepada siswa dan orang tuanya, maupun sikat gigi bersama seperti yang diselenggarakan pada hari itu.

“Serta, kepada pihak swasta atau dunia usaha kami minta dukungannya agar upaya tersebut sesuai dengan bidang usahanya baik melalui sponsorship maupun corporate social responsibility (CSR),” imbuhnya.

Adapun, kegiatan kala itu juga dirangkai dengan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di sekolah. Kegiatan dibuka dengan penampilan seni tari dan musik dari pelajar di sekolah tersebut.

Baca juga: Ibu Buang Bayi di Palangkaraya Terancam 15 Tahun Penjara, Gunting untuk Potong Ari-ari Diamankan

Baca juga: Pemkab Kotim Gelar Senam Massal, Peringati Haornas ke 39 Libatkan OPD & Masyarakat

Baca juga: Pelantikan Pengurus IGI Kotim 2022-2027, Bupati Halikinnor Berharap Mutu Pendidikan Makin Meningkat

Dilanjutkan, dengan acara makan buah bersama, kemudian sikat gigi massal dibawah bimbingan dokter serta terapis gigi.

Disisi lain, Kepala Dinkes Kotim, Umar Kaderi, berharap dengan peringatan HKGN tahun ini dapat meningkatkan kesadaran dan kepedulian bersama dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut yang saat ini masih tergolong rendah. Sebagai upaya mencapai derajat kesehatan masyarakat yang optimal.

“Minimal dengan adanya kegiatan tersebeut masyarakat, khususnya anak-anak yang terlibat tadi bisa membiasakan sikat gigi minimal 2 kali sehari, pagi dan sore. Demi menjaga kesehatan gigi dan mulut,” ucapnya. (*)

Sumber: Tribun Kalteng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved