Berita Palangkaraya

4 Kelurahan di Palangkaraya Terendam, Air Sepinggang Dewasa, Banjir Kiriman Gumas dan Katingan

Kepala BPBD Palangkaraya Emi Abriyani mengatakan, 4 kelurahan di kota saat ini yang sudah terendam air akibat kiriman banjir dari Gumas dan Katingan

Penulis: Ghorby Sugianto | Editor: Sri Mariati
Tribunkalteng.com/Ghorby Sugianto
Warga melintas di genangan banjir di jalan Anoi Palangkaraya. Sabtu (10/9/2022). 

TRIBUNKALTENG, PALANGKARAYA - Kalimantan Tengah akhir-akhir ini diguyur hujan intensitas rendah hingga lebat. Menyebabkan beberapa daerah mengalami banjir, tak terkecuali Kota Palangkaraya.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Palangkaraya, Emi Abriyani menuturkan, dari pantauannya terdapat 4 kelurahan yang Terendam Banjir.

Kelurahan Palangka, Kelurahan Tanjung Pinang, Kelurahan Kereng Bengkel, dan Kelurahan Petuk Ketimpun. Rerata genangan air merendam beberapa titik ruas jalan hingga rumah warga.

"Saat ini kita ada di Kelurahan Palangka, tepatnya di Jalan Anoi, kita lihat debit air sudah memasuki badan jalan. Sehingga ketinggian air antara 20 cm sampai sepinggang dewasa," kata Emi Abriyani, Sabtu (10/9/2022).

Sebelumnya, 3 hari terakhir, dari pengamatannya debit air di Sungai Kahayan bertahap bertambah. Dari bertambah 10 cm hingga seterusnya, tak terlepas dari faktor hujan yang mengguyur di beberapa daerah Kalteng.

Baca juga: Drainase Rawan Banjir di Palangkaraya Dibenahi, Fairid Naparin Memantau ke Lapangan

Baca juga: Sambangi Posko Pengungsian Banjir di Palangkaraya Mensos Risma Bagikan Bantuan Logistik

Dia pun memberi keterangan, baiknya debit air tersebut dikarenakan air kiriman dari Kabupaten Gunung Mas dan Katingan. Diperkirakan kenaikan debit air bertahan hingga 2-3 hari ke depan.

Pihaknya terus melakukan pemantauan dan mengedukasi masyarakat. Agar tetap siaga di musim penghujan ini, apabila kiriman banjir atau hujan deras saat malam hari.

Masyarakat diminta menjaga dan mengamankan barang-barang berharga seperti surat-surat penting dan barang elektronik lainnya, supaya tidak ikut Terendam Banjir.

Emi Abriyani bakal melihat kondisi beberapa hari ke depan. Jika kondisi banjir makin naik dan menambah melanda di beberapa tempat, dia akan berkoordinasi menetapkan status siaga darurat banjir.

Baca juga: Banjir di Kalteng, 3 Kecamatan di Utara Kotim Terendam, Personel BPBD Langsung Turun ke Lokasi

"Kalau besok (banjir) terus naik, status siaga darurat banjir. Nanti dilaporkan ke wali kota. Sebelumnua, kita melakukan pemantauan, edukasi, agar menyimpan berkas penting, Meminta ke masyarakat tetap siaga," pungkasnya. (*)

Sumber: Tribun Kalteng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved