Mata Lokal Memilih Kalteng

Bawaslu Kalteng Cermati SIPOL, Temukan Parpol Tak Cantumkan Kontak LO dan Alamat Tidak Jelas

Pencermatan data SIPOL, Bawaslu Kalteng menemukan beeberapa parpol juga tidak mencantumkan kontak LO (Liaison Officer)

Penulis: Ghorby Sugianto | Editor: Sri Mariati
Tribunkalteng.com/Ghorby Sugianto
Kantor Bawaslu Kalteng di Jalan G Obos, Palangkaraya. 

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA - Proses tahapan Pemilu 2024 di Kalimantan Tengah masuk dalam tahapan verifikasi administrasi masih belum masuk tahap verifikasi faktual untuk partai politik.

Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Kalteng dalam tahapan verifikasi administrasi mencatat dalam pengamatan maupun laporan total ada 10.500 keanggotaan bermasalah.

Permasalahan tersebut meliputi, anggota ganda eksternal dan internal, tidak memenuhi syarat (TMS) dan pencatutan yang terdapat di 14 kabupaten kota.

Hal itu disampaikan oleh penanggung jawab tim fasilitasi pendaftaran, verifikasi dan penetapan partai politik (Parpol) peserta Pemilu 2024, Bawaslu Kalteng, Rudyanti Doretea Tobing

Saat disinggung mengenai adanya kantor tetap parpol di Kalteng terdapat perbedaan apakah perbedaan antara SIPOL dengan data di lapangan, dia menyebut memang ada beberapa parpol alamatnya tidak jelas.

Baca juga: Bawaslu Kalteng Temukan Dugaan 10.500 Anggota Parpol Bermasalah, Paling Banyak di Kobar

Baca juga: Ketua Bawaslu Kalteng Ungkap, 6 Jajaran Bawaslu Kabupaten Tercatat Dikeanggotaan Parpol Dalam Sipol

Selain itu, dari pencermatan data SIPOL, Bawaslu Kalteng menemukan beeberapa parpol juga tidak mencantumkan kontak LO (Liaison Officer).

"Karena memang pencermatan kami pun, di dalam SIPOL ini ada beberapa parpol belum menguploud nomor kontak LO," kata Rudyanti Doretea Tobing, Rabu (7/9/2022).

"Ada juga beberapa, kami kemarin mau mengundang (parpol) namun alamatnya tidak jelas, cuman belum masuk ke tahapan itu," tambahnya.

Meski belum masuk ke tahapan verifikasi faktual, pihaknya akan menelusuri temuan dari pengamatan SIPOL tersebut.

Baca juga: Sanksi Pelanggaran Protokol Kesehatan, Bawaslu Kalteng Tunggu Aturan Pusat

Dia berharap jalannya tahapan-tahapan hingga puncak pemilu 2024 di Kalteng berjalan lancar dengan suasana kondusif, demokratis, bermartabat, berintegritas serta meminta partisipasi masyarakat mengawalnya. (*)

Sumber: Tribun Kalteng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved