UMPR

Kolaborasi dengan 5 PTM se-Indonesia, UMPR Gelar Webinar Nasional Sambut Era Society 5.0

UMPR menggelar kegiatan Webinar series 8 dengan tema “Pendidikan Nasional Menyambut Era Society 5.0”

Editor: Dwi Sudarlan
UMPR
Rektor UMPR, Dr. Sonedi, M.Pd. saat membuka Webinar Nasional Series 8 yang diadakan secara daring, Kamis (25/8/2022). 

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA – Universitas Muhammadiyah Palangkaraya (UMPR) menggelar kegiatan Webinar series 8 dengan tema “Pendidikan Nasional Menyambut Era Society 5.0”.

Seminar ini dihadiri oleh Rektor, Wakil Rektor I, Wakil Rektor II, Wakil Rektor III, para narasumber dan peserta seminar yang berhadir ditempat maupun melalui Zoom Meeting, Kamis (25/8).

Webinar yang diikuti oleh lebih dari 500 peserta dari seluruh Indonesia ini dibuka langsung oleh Rektor UMPR, Dr. Sonedi, M.Pd. lalu dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh narasumber pertama, Dr. Ady Ferdian Noor, M.Pd. dari Universitas Muhammadiyah Palangkaraya.

Lalu, narasumber kedua, Dr. Supriyadi, M.PdI. dari Universitas Muhammadiyah Sidoarjo kemudian narasumber ketiga, Dr. Muhammad Kusban, MT. dari Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Selanjutnya, narasumber keempat, Dr. Galih Priyambada, M.Pd., AIFMO. dari Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur dan narasumber kelima, Dr. Kusno. darj Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Dan, narasumber terakhir adalah Holy Ichda Wahyuni, S.Pd., M.Si. dari Universitas Muhammadiyah Surabaya.

Rektor UMPR, Dr. Sonedi, M.Pd. saat membuka Webinar Nasional Series 8 yang diadakan secara daring, Kamis (25/8/2022).
Rektor UMPR, Dr. Sonedi, M.Pd. saat membuka Webinar Nasional Series 8 yang diadakan secara daring, Kamis (25/8/2022). (UMPR)

Rektor UMPR, Dr. Sonedi, M.Pd. mengemukakan, terdapat banyak tantangan dan perubahan yang harus dilakukan di era society 5.0 ini.

Termasuk yang harus dilakukan oleh satuan pendidikan sebagai gerbang utama dalam mempersiapkan SDM unggul.

Dalam menghadapi era society 5.0, dunia pendidikan berperan penting dalam meningkatkan kualitas SDM.

Selain pendidikan beberapa elemen dan pemangku kepentingan seperti pemerintah, Organisasi Masyarakat (Ormas) dan seluruh masyarakat juga turut andil dalam menyambut era society 5.0 mendatang.

“Untuk menghadapi era society 5.0 ini satuan pendidikan pun dibutuhkan adanya perubahan paradigma pendidikan. Di antaranya pendidik meminimalkan peran sebagai learning material provider, pendidik menjadi penginspirasi bagi tumbuhnya kreativitas peserta didik. Pendidik berperan sebagai fasilitator, tutor, penginspirasi dan pembelajar sejati yang memotivasi peserta didik untuk ‘Merdeka Belajar’, oleh karena itu kami selaku tuan rumah mengangkat tema ini”ujar Dr. Sonedi, M. Pd, Kamis (25/8/2022).

Rektor UMPR, Dr. Sonedi, M.Pd. juga berharap kegiatan ini membawa banyak manfaat, pengetahuan, dan pengalaman mengenai materi yang disampaikan oleh para narasumber yang kompeten. 

Webinar series 8 ini terselenggara hasil kolaborasi 6 Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) se-Indonesia.

Yakni, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur, Universitas Muhammadiyah Surabaya, Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Untuk webinar series 8 ini yang bertindak sebagai tuan rumah adalah Universitas Muhammadiyah Palangkaraya. (*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved