Berita Kotim

Kendalikan Inflasi di Kalimantan Tengah, Pasar Murah Kotim Akan Digelar Akhir Agustus 2022 ini

Pasar Murah Kotim akan digelar dengan menjual  sejumlah komoditi pangan, yakni telur ayam ras, bawang merah, dan cabai rawit.

Penulis: Devita Maulina | Editor: Fathurahman
Tribunkalteng.com/ Devita Maulina
Pasar Murah Kotim akan digelar dengan menjual  sejumlah komoditi pangan, yakni telur ayam ras, bawang merah, dan cabai rawit.Pasar murah ini digelar untuk membantu dan meringankan beban masyarakat menghadapi kenaikan harga beberapa kebutuhan pangan pokok. Sekaligus, menindaklanjuti arahan Presiden RI terkait pengendalian inflasi. 

TRIBUNKALTENG.COM, SAMPIT - Pasar Murah Kotim akan digelar dengan menjual  sejumlah komoditi pangan, yakni telur ayam ras, bawang merah, dan cabai rawit.

Pasar murah tersebut rencananya akan digelar pada akhir bulan ini, tepatnya akan dimulai tanggal 30-31 Agustus 2022.

Penyelenggaraan pasar murah ini merupakan langkah Pemkab Kotim melalui Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) untuk menindaklanjuti arahan Presiden Joko Widodo pada Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) pengendalian inflasi tahun 2022, Kamis (18/8/2022) lalu.

Dalam sambutannya, Presiden mengingatkan para gubernur, bupati, dan walikota se-Indonesia bersama jajaran terkait untuk bekerja sama dalam upaya pengendalian inflasi di tanah air.

Baca juga: Kotim Bangun Lumbung Pangan, Tindak Lanjut Arahan Presiden Jokowi Antisipasi Inflasi di Daerah

Baca juga: Kendalikan Inflasi Kalteng, 3 Ton Bawang Merah & Seribu Bibit Cabai Didistribusikan di Palangkaraya

Baca juga: Perjudian di Kotim, Terlibat Judi Online Seorang Karyawan Swasta Ditangkap Petugas Polsek Cempaga

“Pasar murah ini dalam rangka membantu dan meringankan beban masyarakat menghadapi kenaikan harga beberapa kebutuhan pangan pokok yang terjadi belakangan ini. Upaya ini sejalan dengan arahan dari Presiden RI,” kata Bupati Kotim, H Halikinnor SH MM, melalui Sekretaris Daerah (Sekda), Fajrurrahman, Kamis (25/8/2022).

Fajrur menjelaskan dalam penyelenggaraan pasar murah ini TPID Kotim bekerja sama dengan Bank Indonesia (BI) Perwakilan Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng).

Dalam hal ini sumber dana subsidi dianggarkan langsung oleh BI Perwakilan Kalteng sebesar Rp 25 juta untuk Kotim. Karena BI juga mendapat mandat dari Presiden untuk mengurusi inflasi.

Sementara, 3 jenis komoditi diatas dipilih karena dinilai rentan mengalami kenaikan harga selama beberapa bulan terakhir.

“Kami akan membantu dengan memberi subsidi atas masing-masing bahan pokok tersebut bagi masyarakat,” ujarnya.

Ketiga komoditi tersebut akan dijual dengan harga pasar yang berlaku saat pasar murah berlangsung, namun Pemkab Kotim bersama BI Perwakilan Kalteng akan membantu dengan memberikan subsidi atas masing-masing bahan makanan pokok tersebut.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kalteng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved