Tanju Tanjung Arsitektur

Jelajah Tektonika Kayu Arsitektur Bersejarah di Kabupaten Kotawaringan Barat dan Lamandau

Ikatan Arsitek Indonesia Kalimantan Tengah (IAI Kalteng) menyelenggarakan kegiatan Tanju Tanjung Arsitektur, 18-21 Agustus 2022.

Editor: Dwi Sudarlan
IAI Kalteng
Peserta Tanju Tanjung Arsitektur ketika berada di Istana Mangkubumi, Kotawaringin Barat. 

TRIBUNKALTENG.COM - Dalam rangka meningkatkan kegiatan keprofesian arsitek yang bersifat praktik dan dinamis sesuai dengan amanat UU Arsitek Nomor 6 Tahun 2017, serta peka terhadap objek-objek arsitektur di Kalimantan Tengah yang bernilai budaya dan kesejarahan, Ikatan Arsitek Indonesia Kalimantan Tengah (IAI Kalteng) menyelenggarakan kegiatan Tanju Tanjung Arsitektur, yang artinya dalam bahasa Indonesia Jalan-jalan Arsitektur, pada 18-21 Agustus 2022.

Tema yang diangkat dalam kegiatan ini adalah “Jelajah Tektonika Kayu Arsitektur Bersejarah di kabupaten Kotawaringin Barat dan kabupaten Lamandau, Kalimantan Tengah."

Jelajah dalam arti menelusuri, mengamati, mendokumentasikan detail tektonika kayu terkait obyek arsitektur yang dikunjungi.

Kegiatan ini merupakan bagian dari salah satu program IAI Kalteng dalam bidang pelestarian arsitektur.

Dalam kegiatan ini juga terkandung semangat untuk mendukung upaya-upaya pelestarian arsitektur di Kalimantan Tengah,  untuk memberikan bagian edukasi kepada anggota IAI Kalteng, masyarakat serta pemerintah daerah setempat.

Kegiatan yang dilakukan meliputi dua bagian yakni kegiatan di lokasi yang meliputi pengamatan, wawancara dan observasi objek arsitektur yang dipandu oleh mentor yakni M Cahyo Novianto dari JAAI (Jaringan Arsip Arsitektur Indonesia) dan Ketua IAI Kalteng, Ar. Ristia Heranidewi, IAI.

Pada bagian kedua meliputi penyusunan buku laporan kegiatan dalam bentuk buku untuk dijadikan sebagai aset dokumen berharga bagi masyarakat dan pemerintah daerah setempat sebagai panduan dalam melakukan upaya pelestarian ke depannya.

Astana Alnursari , di Kotawaringin Lama.
Astana Alnursari , di Kotawaringin Lama. (IAI Kalteng)

Objek arsitektur yang dikunjungi di Kobar yakni Istana Mangkubumi di Pangkalan Bun, Astana Alnursari dan Masjid Jami Kyai Gede di Kotawaringin Lama.

Sedangkan di Lamandau yakni Rumah Panjang dan lumbung padi yang terdapat di Desa Kudangan, Kec. Delang dan Desa Kinipan Kecamatan Batang Kawa.

Dalam rangka silahturami dan pendekatan kepada pemerintah daerah setempat sebagai partner dan mitra IAI Kalteng dalam pembangunan, maka pada kegiatan Tanju Tanjung Arsitektur ini IAI Kalteng juga mengundang Pemkab Kotawaringin Barat pada acara ramah ramah bersama seluruh peserta Tanju Tanjung Arsitektur di Pangkalan Bun.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved