Berita Kalbar

Berada di Tepian Sungai, Rumah Warga di Kapuas Hulu Kalbar Terancam Ambruk Akibat Tanah Longsor

Rumah warga di tepian Sungai Kapuas, tepatnya di Desa Prajurit, Keluhan Hilir Kantor, Kecamatan Putussibau Utara, Kalbar was-was akibat tanah longsor

Editor: Sri Mariati
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/Istimewa/BPBD KAPUAS HULU
Ilustrasi, Beberapa rumah warga yang berada di tepian Sungai Kapuas, tepatnya di Desa Prajurit, Keluhan Hilir Kantor, Kecamatan Putussibau Utara, Kalimantan Barat (Kalbar) terancam ambruk akibat tanah longsor. 

TRIBUNKALTENG.COM – Beberapa rumah warga yang berada di tepian Sungai Kapuas, tepatnya di Desa Prajurit, Keluhan Hilir Kantor, Kecamatan Putussibau Utara, Kalimantan Barat (Kalbar) was-was.

Mereka merasa khawatir dengan kondisi rumah tinggal kemungkinan akan roboh akibat Tanah Longsor.

Seperti yang diungkapkan seorang pemilik rumah di tepian Sungai Kapuas wilayah Desa Prajurit yaitu, Sadam.

Dia mengatakan, kalau dirinya sudah pindah ke rumah orangtuanya, karena rumah miliknya sudah mau ambruk akibat tanah longsor.

"Bahaya kalau tak pindah, karena rumah saya betul-betul mau roboh akibat Tanah Longsor di tepian Sungai Kapuas teras, dan bisa dilihat sendiri bagaimana kondisinya," ujarnya, Minggu (21/8/2022).

Baca juga: Satu Unit Rumah Warga di Entikong Sanggau Rata dengan Tanah Tertimpa Longsoran

Baca juga: Anak Tertimbun Longsoran di Guntungbesar Tala Kalsel Ditemukan

Kondisi seperti tersebut jelas Sadam, sudah pernah disampaikan ke pihak RT dan Kelurahan, namun belum ada informasi sejauh mana langkah-langkah dari pemerintah itu sendiri.

"Kita tahu bersama bahwa kondisi rumah yang terendam roboh akibat Tanah Longsor di tepian sungai Kapuas, bukan hanya saya sendiri tapi ada beberapa unit rumah," ucapnya.

Sadam berharap, kalau pihaknya meminta dari pemerintah daerah Kabupaten Kapuas Hulu ada merasa perhatian, dengan bagaimana mencegah agar tidak terjadi longsor.

"Membuat bangunan barau atau sejenisnya, agar tidak mudah terjadi longsor di tepian sungai Kapuas wilayah Kampung Prajurit, Kelurahan Hilir Kantor Kecamatan Putussibau Utara," ungkapnya.

Lurah Hilir Kantor Kecamatan Putussibau Utara, Norman menyatakan bahwa, kalau dirinya sudah meninjau dan berkomunikasi dengan pemilik rumah yang terancam roboh akibat Tanah Longsor di tepian sungai Kapuas tersebut.

Baca juga: Tanah Longsor Terjadi di Desa Rantau Bumbun Kapuas Hulu, 4 Unit Rumah Warga Nyaris Jadi Korban

"Sudah ada beberapa warga disana sudah pindah, tidak menempati rumah tersebut karena berisiko akan roboh akibat tanah longsor tersebut, dan ada juga masih bertahan," ujarnya.

Pastinya kata Norman, pihaknya akan terus mencari solusi yang terbaik bagi masyarakat rumahnya terancam roboh akibat Tanah Longsor tersebut.

"Sudah kita sampai ke pihak kabupaten atau pemerintah daerah Kabupaten Kapuas Hulu," ungkapnya. (*)

Artikel ini telah tayang di TribunPontianak.co.id dengan judul Sejumlah Rumah di Kapuas Hulu Terancam Roboh Akibat Tanah Longsor

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved