Kotim Habaring Hurung

Siaga Darurat Karhutla Kotim, Kebakaran Lahan Januari Hingga Pertengahan Agustus Capai 65 Titik

Siaga Darurat Karhutla Kotim, Pemerintrah Kabupaten Kotawaringin Timur menetapkan status siaga darurat kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Penulis: Devita Maulina | Editor: Fathurahman
Tribunkalteng.com/ Devita Maulina
Siaga Darurat Karhutla Kotim, Tim gabungan penanganan karhutla usai menggelar rapat untuk penetapan status siaga darurat karhutla di Kotim berfoto bersama. Status tersebut diberlakukan selama 60 hari. Kamis (18/8/2022). 

TRIBUNKALTENG.COM, SAMPIT -Siaga Darurat Karhutla Kotim. Pemerintrah Kabupaten Kotawaringin Timur menetapkan status siaga darurat kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Status ini berlaku selama 60 hari kedepan, dimulai pada tanggal 19 Agustus hingga 18 Oktober 2022.

Penetapan status siaga darurat karhutla ini merupakan hasil rapat tim gabungan penanganan karhutla di Kotim yang diakomodir oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat.

“Dari kesimpulan rapat kami menetapkan bahwa status Kotim berada di siaga darurat karhutla, banyak hal yang menjadi landasan. Salah satunya terkait musim,” kata Sekretaris BPBD Kotim, Yephi Hartady Periwanto, usai menjadi moderator pada rapat penetapan status siaga darurat karhutla, Kamis (18/8/2022).

Baca juga: Pot Bunga Pingiran Jalan Sampit Dirusak, Bupati Kotim Minta Instansi Terkait Cari Pelaku Perusakan

Baca juga: HUT ke-77 RI, Lomba Panjat Pinang dan Tarik Tambang di Betang Hapakat Berlangsung Meriah

Baca juga: NEWS VIDEO, Patroli PPRC Polda Kalteng Amankan Pria Mabuk & Pengguna Pil Zenit di Palangkaraya

Rapat digelar di Pusdalops BPBD Kotim  dihadiri  sejumlah stakeholder terkait, diantaranya Asisten I Setda Kotim, Diana Setiawan, yang hadir mewakili Bupati Kotim, BMKG Stasiun Meteorologi H.Asan Sampit, Kodim 1015/Sampit, Polres Kotim, Disdamkarmat, dan lain-lain.

Rapat tersebut menindaklanjuti arahan Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng), Sugianto Sabran, yang disampaikan melalui Surat Edaran (SE) dan pada pidato peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Yakni, agar seluruh kabupaten/kota di Kalteng mulai menetapkan status siaga darurat karhutla mengingat saat ini sudah memasuki puncak musim kemarau.

Disamping itu, penetapan status siaga darurat karhutla ini guna mendukung event internasional yang akan di gelar di Kota Palangkaraya bulan ini. Yaitu, Kejuaraan Dunia Balap Sepeda Union Cycliste Internationale (UCI) Mountain Bike (MTB) Eliminator World Cup 2022.

“Harapan gubernur, jangan sampai event tersebut terganggu karena adanya karhutla, misalnya ada kabut asap, kebakaran, dan semacamnya. Karena ini tentu akan menimbulkan citra buruk bagu kabupaten, maupun Provinsi Kalteng,” jelasnya.

Ia melanjutkan, penetapan status siaga darurat karhutla ini juga berdasarkan parameter pendukung, seperti musim dan jumlah hotspot atau titik panas yang muncul di Kotim dalam beberapa waktu kebelakang.

Pasalnya, dari Januari hingga pertengahan Agustus 2022 ini jumlah hotspot yang terdeteksi oleh BPBD sebanyak 65 titik dan ini semua terkonfirmasi merupakan kejadian karhutla, khususnya kebakaran lahan.

Diduga masih ada warga yang membandel dengan cara membakar lahan untuk keperluan membuka lahan pertanian.

Dengan ditetapkannya status siaga darurat karhutla ini, maka upaya untuk mengatasi masalah karhutla pun akan ditingkatkan.

kebakaranlahan koitm beoreovjnr
Rapat penetapan Siaga Darurat Karhutla Kotim, Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah telah menetapkan status Darurat Karhutla di Kotim, yang berlaku hingga 60 hari kedepan. Tercatat kebakaran lahan di Kotim terjadi sejak Januari hingga pertengahan Agustus sebanyak 65 Titik.

Namun, ia menegaskan meski dalam status tersebut tidak lantas menggambarkan kerawanan karhutla di Kotim. Melainkan, sebagai konsep pencegahan dan antisipasi agar karhutla ini tidak kian memburuk.

“Status ini pun bisa berubah, bisa diperpendek juga bisa diperpanjang, tergantung perkembangan kondisi,” imbuhnya. (*)

Sumber: Tribun Kalteng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved