Kotim Habaring Hurung

Kotim Bangun Lumbung Pangan, Tindak Lanjut Arahan Presiden Jokowi Antisipasi Inflasi di Daerah

Kotim Bangun Lumbung Pangan, sebagai upaya mengatasi inflasi yang terjadi di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim).

Penulis: Devita Maulina | Editor: Fathurahman
Tribunkalteng.com/ Devita Maulina
Kotim Bangun Lumbung Pangan, usai mengikuti Rakornas pengendalian inflasi tahun 2022, Bupati H Halikinnor SH MM, didampingi Sekda Fajrurrahman, berdiskusi dengan Kepala BPS Kotim, Eddy Surahman, terkait perkembangan dan upaya penanganan inflasi di Kota Sampit. Kamis (18/8/2022) 

TRIBUNKALTENG.COM, SAMPIT -Kotim Bangun Lumbung Pangan, sebagai upaya mengatasi inflasi yang terjadi di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim).

Pemerintah Kotim berencana membuat lumbung pangan sebagai upaya mengakomodir kebutuhan masyarakat akan sejumlah komoditi pangan yang kerap mempengaruhi inflasi daerah.

Hal ini disampaikan Bupati H Halikinnor SH MM, usai mengikuti rapat koordinasi nasional (Rakornas) pengendalian inflasi tahun 2022 yang dipimpin langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, dan diikuti dari pusat, provinsi, hingga kabupaten.

Dalam rakornas tersebut orang nomor satu di Indonesia itu meminta jajarannya, termasuk pemerintah tingkat provinsi dan kabupaten untuk membuat sebuah terobosan dalam rangka menangani inflasi yang pada akhir Juli 2022 sudah menembus level 4,94 persen secara year on year (YOY), bahkan di beberapa wilayah inflasi ini sudah menembus angka 8 persen.

Baca juga: Siaga Darurat Karhutla Kotim, Kebakaran Lahan Januari Hingga Pertengahan Agustus Capai 65 Titik

Baca juga: HUT ke-77 RI, Lomba Panjat Pinang dan Tarik Tambang di Betang Hapakat Berlangsung Meriah

Baca juga: PBS Kotim Dideadline, Dana Perbaikan Jalan Lingkar Selatan Paling Lambat Disetor Akhir Agustus

“Kita tidak boleh lagi hanya bekerja rutinitas. Apalagi, kita ketahui bersama kondisi inflasi dunia pada keadaan tidak normal.

Sehingga harus bekerja makro, mikro, dan detail. Provinsi harus tau posisi inflasi berapa, angka amannya berapa. Jangan sampai saya ke daerah malah gelapan, ditanya tidak mengerti,” pesan Joko Widodo pada rapat yang digelar secara hybrid tersebut.

Pesan dari Presiden ini pun ditindak lanjuti oleh H Halikinnor yang segera berkoordinasi dengan sejumlah stake holder terkait guna mengatasi inflasi di Kota Sampit yang merupakan salah satu kota di Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) yang menjadi barometer pengukuran inflasi oleh Badan Pusat Statistik (BPS).

Dari koordinasi tersebut diketahui ada beberapa komoditi yang menjadi penyebab inflasi di Kotim, khususnya pada Juli 2022 lalu. Diantaranya, tomat, cabai, telur, dan bawang merah.

Untuk itu, Pemkab Kotim melalui Dinas Pertanian (Distan) akan membuat lumbung pangan untuk membudidayakan sejumlah tanaman komoditi diatas, serta peternakan, yang hasilnya nanti diharap dapat memenuhi kebutuhan masyarakat.

“Sambil kita lihat siklusnya. Misalnya, tomat biasanya terjadi lonjakan di bulan apa. Jadi pada bulan itu kita upayakan komoditi tersebut tersedia, kan bisa kelihatan dari data setiap tahunnya,” jelasnya.

Ia melanjutkan, pemerintah berperan untuk menjaga stabilitas harga, sehingga tidak terjadi inflasi yang terlampau tinggi. Karena dampaknya akan dirasakan masyarakat.

Ia mengaku sebenarnya rencana pembuatan lumbung pangan ini sudah lama. Namun, karena pandemi Covid-19 yang berdampak pada recofusing anggaran, sehingga rencana itu tak dapat terlaksana.

pemkab kotim lumbung pangan
Bupati Kotim H Halikinnor, saat menjelaskan terkait Kotim Bangun Lumbung Pangan, sebagai upaya mengatasi inflasi yang terjadi di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim).

Seiring dengan melandainya kasus Covid-19 dan adanya arahan dari Presiden, maka rencana itupun akan kembali dilanjutkan.

Pihaknya berkoordinasi dengan Distan akan menyiapkan lahan sekitar 50-100 hektar untuk pembuatan lumbung pangan tersebut.
“Kotim belum punya lumbung pangan, padahal itu memang harus. Tapi karena pandemi kami menjadi kesulitan anggaran, tapi untuk kedepannya akan kami persiapkan,” pungkasnya. (*)

Sumber: Tribun Kalteng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved