Kotim Habaring Hurung

Upacara HUT ke-77 Kemerdekaan RI di Kotim Berjalan Baik, Bupati H Halikinnor Puji Paskibraka

Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) tahun 2022 Kota Sampit, Kabupaten Kotim diguyur hujan.

Penulis: Devita Maulina | Editor: Fathurahman
Tribunkalteng.com/ Devita Maulina
Bupati H Halikinnor SH MM, mencium bendera pusaka merah putih sebelum dikibarkan pada Upacara peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia yang dilaksanakan di halaman Kantor Bupati Kotim, Rabu (17/8/2022). 

TRIBUNKALTENG.COM, SAMPIT - Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) tahun 2022 Kota Sampit, Kabupaten Kotim diguyur hujan.

Hujan mengguyur Kota Sampit sejak pukul 6:00 WIB hingga 10:00 WIB. Kendati demikian, upacara HUT ke-77 Kemerdekaan RI di Kotim tetap dilaksanakan dan berjalan penuh khidmat.

Apel upacara dimulai pukul 7:00 WIB digelar di halaman Kantor Bupati Kotim dihadiri seluruh jajaran Pemkab Kotim, instansi vertikal, veteran perang, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, dan segenap tamu undangan.

“Kita memperingati HUT RI yang ke-77 tahun 2022, Alhamdulillah berjalan dengan lancar, khidmat, dan tertib. Ini dalam rangka mengenang jasa para pahlawan, khususnya pahlawan kemerdekaan yang telah gugur medahului kita,” tutur Bupati Kotim, H Halikinnor SH MM, yang bertindak sebagai inspektur upacara, Rabu (17/8/2022).

Baca juga: Semarak HUT ke 77 RI, Kelurahan Langkai Palangkaraya Gelar Lomba Kebersihan Untuk Motiviasi Warga

Baca juga: NEWS VIDEO, Bupati H Halikinnor Kukuhkan Anggota Paskibraka Kotim 2022, Ajak Pemuda Jauhi Narkoba

Baca juga: 71 Anggota Paskibraka Kotim Dikukuhkan, Siap Kibarkan Merah Putih Saat Upacara HUT ke 77 RI

Prosesi upacara peringatan hari proklamasi kala itu berlangsung cukup singkat, terlebih saat hujan yang awalnya gerimis menjadi semakin deras.

Beberapa tahapan upacara terpaksa ditiadakan untuk mempersingkat waktu dan ada pula yang diganti lokasi pelaksanaannya di rumah jabatan (rujab) bupati.

Diantaranya, pembunyian sirene upacara, penyerahan penghargaan pada sejumlah pihak, penyerahan simbolis dokumen remisi, dan pembacaan amanat inspektur upacara.

Meski singkat, proses pengibaran bendera pusaka sebagai esensi utama dalam upacara ini tetap dilaksanakan dengan penuh khidmat.

Sebanyak 71 anggota pasukan pengibar bendera pusaka (paskibraka) Kotim tahun 2022 dapat melaksanakan tugas dengan baik dan lancar.

Halikinnor pun memuji anggota paskibraka Kotim atas keberhasilan melaksanakan tugas dengan baik. Karena, kurang dari 2 bulan dilatih, para pelajar pilihan tersebut telah berhasil mengimplementasikan ilmu yang didapat selama pelatihan dengan baik.

“Luar biasa sekali penampilan adik-adik paskibraka, saya mengapresiasi dan memberikan penghargaan atas penampilan mereka yang sudah sangat bagus dan lancar,” imbuhnya.

Orang nomor satu di Kotim ini melanjutkan, sebagai generasi penerus bangsa yang melanjutkan estafet kepimpinan seluruh masyarakat Indonesia, khususnya Kotim, perlu mewarisi jiwa kepahlawanan.

Agar dapat mengisi kemerdekaan yang diraih dengan susah payah oleh para pejuang bangsa dengan hal-hal yang positif dan membangun demi kemajuan bangsa ini.

Semangat pengorbanan, ketangguhan, dan persatuan dari para pahlawan harus tetap dipertahankan dan dipupuk bersama.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kalteng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved