Berita Kaltara

Pria Pengangguran di Tarakan Curi Motor Diringkus Polisi, Aksi Nekatnya Terekam CCTV

Pria berinisial RA yang merupakan pelaku pencurian handphone di Toko Tunggal Jaya Kelurahan, Selumit Kota Tarakan juga menggondol sepeda motor

Editor: Sri Mariati
tribunnews.com
Ilustrasi pencurian 

TRIBUNKALTENG.COM, TARAKAN – Pria berinisial RA yang merupakan pelaku pencurian handphone di Toko Tunggal Jaya Kelurahan Selumit, Kota Tarakan Provinsi Kaltara, juga nekat menggondok sepeda motor.

Perbuatanya tersebut Terekam CCTV sehingga menjadi barang bukti untuk mengejar pelaku pada Maret 2022 lalu, dan dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Setelah dilakukan pemeriksaan, RA atau RH tidak hanya satu kali melakukan aksi pencurian empat bulan lalu, tepatnya, Minggu (26/6/2022) lalu.

Setelah itu kembali melakukan pencurian, kali ini menyasar motor jenis Mio M3 bernopol KU 3491 XG milik warga RT 5 Kelurahan Karang Balik Kecamata Tarakan Barat.

RA melakukan aksinya sekitar pukul 23.00 WITA dan berhasil membobol paksa kunci kontak motor milik korban yang terparkir di halaman rumah.

Baca juga: Residivis Spesialis Pencurian di Malinau Utara, Pelaku Gasak Uang Tunai Rp 3 Juta

Baca juga: Mediasi Antar Korban dan Pelaku Pencurian Uang di Hotel Luwansa Palangkaraya Berakhir Damai

Dikatakan Kepala KSKP Polres Tarakan, Iptu Sri Djayanthi M, didampingi Kanit Reskrim KSKP Polres Tarakan, Putu, pelaku RH merusak kunci kontak setelah berhasil dirusak lalu dibawa kabur langsung olehnya.

“Untuk nilai kerugian kendaraan motor diperkirakan mencapai Rp 19 juta," ujarnya.

Lebih jauh dikatakan Iptu Sri Djayanthi, motor jenis Mio M3 ini ternyata sudah diubah warna oleh pelaku. Sebelumnya motor tersebut memiliki warna asli merah hitam dan diganti warna hijau hitam.

"Pelatnya pun diganti. Pelatnya ditemukan. Pelat asli motor dibuang pelaku karena dari dealer masih. Diwarnai diganti warnanya juga," ujarnya.

Untuk pelat, pelaku mengganti dengan KU 5601 GF dan pelat asli dibuang oleh pelaku untuk menutupi kejahatannya dan tidak dikenali pemilik.

Baca juga: Pencurian di Kaltara, Seorang Pemuda di Nunukan Curi Handphone & Motor Majikan, Pelaku Ditangkap

Ia melanjutkan rencananya pelaku ingin menggunakan sendiri motor curian tersebut dan tidak untuk dijual. Pelaku yang masih berusia sekitar 27 tahun ini dikenal tidak memiliki pekerjaan alias pengangguran.

"Untuk sehari-hari saja. Dia pengangguran. Dulu kerja honorer di Kelurahan Juata Permai. Setelah berhenti dia melakukan pencurian," jelasnya.

Atas aksinya itu, pelaku RA atau RH dikenakan pasal 363 ayat 1ke-3 KUHPidana juncto Pasal 65 ayat 1 dengan ancaman 7 tahun penjara.(*)

Artikel ini telah tayang di TribunKaltara.com dengan judul Tak Puas Curi Asesoris Handphone, Pria Ini Gasak Motor, Plat Nomor dan Warna Diganti Pelaku, .

Sumber: Tribun kaltara
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved