HUT Ke 77 RI

Peringatan HUT Ke-77 RI, Lomba Panjat Pinang di Palangkaraya, Meringis Tahan Beban Demi Hadiah

Kelurahan Langkai, Kecamatan Pahandut, Palangkaraya, Kalimantan Tengah, menggelar lomba panjat pinang, makan kerupuk, balap karung dan tangkap belut

Penulis: Ghorby Sugianto | Editor: Sri Mariati
Tribunkalteng.com/Ghorby Sugianto
Seorang peserta panjat pohon pinang di Kelurahan Langkai, Palangkaraya sekuat tenaga menahan beban kawan-kawannya demi mencapai puncak batang pohon pinang yang telah dilumuri oli, Sabtu (13/8/2022). 

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA – Berbagai macam lomba ataupun kegiatan lainnya menyambut HUT Ke-77 RI di seluruh daerah di Indonesia.

Tak terkecuali di Kelurahan Langkai, Kecamatan Pahandut, Palangkaraya, Kalimantan Tengah, menggelar lomba panjat pinang, makan kerupuk, balap karung dan tangkap belut.

Hal itu merupakan wujud warga memeriahkan HUT ke 77 RI dengan kebersamaan untuk menghargai dan mengingat jasa para pahlawan dulu.

Nampak keseruan warga berlomba mencapai puncak pinang setinggi kurang lebih 8 meter. Mereka berkerja sama bahu membahu, meski tak jarang beberapa tim jatuh.

"Gampang-gampang susah (mencapai ujung) pinang. Meramaikan saja dengan kebersamaan, sebagai wujud memperingati jasa para pahlawan di hari kemerdekaan Indonesia," ujar seorang peserta, Silam Kelana, Sabtu (13/8/2022).

Baca juga: Semarak HUT ke 77 Kemerdekaan RI, Kelurahan Langkai Gelar Lomba Panjat Pinang Hingga Bakti Sosial

Baca juga: Semarakkan Peringatan HUT Ke-77 RI, Disbudpar Kotim Gelar Public Culture Museum

Animo masyarakat untuk menyaksikan pun membludak. Warga turut antusias menyemangati para peserta lomba panjat pinang yang dilumuri oli di batangnya.

Batang pohon yang dilumuri oli itu tak hayal membuat tubuh peserta jadi licin. Serta harus meringis menanggung beban yang mencapai ratusan kilo jika dihitung dari total berat satu tim.

Namun mereka dengan gigih bahu membahu menuju puncak, demi meraih hadiah uang tunai dan hiburan yang telah disiapkan Kelurahan Langkai.

Setelah satu tim berhasil mencapai puncak batang pinang, mereka pun panen hadiah sembari mengkibarkan bendera putih di atas pohon tersebut di bawah terik matahari.

Baca juga: Jelang HUT ke 77 RI di Kotim, Warga Kecamatan Baamang Gotong Royong Bersihkan Lingkungan

"Pesan untuk para generasi muda di momentum 17 Agustus ini, untuk selalu terus mengingat dan menghargai jasa para pejuang," ungkap Silam Kelana.

Dia berharap lomba-lomba terus diadakan tiap tahunnya. Mengingat, 2 tahun berlalu warga tidak merasakan perlombaan yang mengasah kebersamaan menyambut hari kemerdekaan RI karena pandemi Covid-19. (*)

Sumber: Tribun Kalteng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved