Berita Palangkaraya

Rumah Betang Miniatur Budaya Kalteng Terbakar di Palangkaraya, Ternyata Milik Pemkab Barito Utara

Rumah Betang Miniatur Budaya Kalteng yang terbakar di Kawasan Temanggung Tilung Palangkaraya ternyata milik Pemkab Barito Utara (Barut).

Penulis: Pangkan B | Editor: Fathurahman
tribunkalteng.com/pangkan B
Rumah Betang Miniatur Budaya Kalteng milik Pemkab Barito Utara hangus terbakar dilahap si jago merah di kawasan Temanggung Tilung Palangkaraya, Kamis (11/8/2022) malam. 

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA - Sebuah Rumah Betang Miniatur Budaya Kalteng yang terbakar, Kamis (11/8/2022) malam di Kawasan Temanggung Tilung Palangkaraya ternyata milik Pemkab Barito Utara (Barut).

Rumah Betang milik Pemkab Barito Utara tersebut berada di lokasi kawasan miniatur budaya Kalteng kawasan Temanggung Tilung Palangkaraya tersebut kini sudah jadi arang setelah terbakar di Kawasan Temanggung Tilung. 

Lokasi tepatnya rumah betang yang terbakar berada di Jalan Temanggung Tilung, Menteng, Jekan Raya, Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah.

Dikawasan tersebut memang banyak terdapat jenis miniatur rumah betang dari beberapa kabupaten dan kota yang ada di Kalteng.

Namun sayangnya, ciri khas rumah betang yang ada di kawasan tersebut tidak semua pemerintah daerah yang merawatnya secara baik.

Baca juga: NEWS VIDEO, Rumah Betang Miniatur Budaya Kalteng di Temanggung Tilung Palangkaraya Terbakar

Baca juga: Rumah Betang Miniatur Budaya Kalteng Terbakar, Belasan Tim Pemadam Palangkaraya Padamkan Api

Baca juga: Festival Budaya Isen Mulang 2022, Lomba Besei Kambe Tim Putra Katingan & Tim Putri Barut Jadi Juara

Sehingga akhirnya rumah yang terbuat dari campuran jenis kayu ulin dan meranti juga jenis bengkirai tersebut terkesan mubazir dan mengalami kerusakan karena tidak terurus.

Belum diketahui persis penyebab pasti kebakaran yang menghanguskan rumah Betang yang merupakan rumah betang ciri khas warga di Kabupaten Barito Utara tersebut.

Ketua Tim Emergency Response Palangkaraya, Jean Steve membenarkan, kebakaran yang dialami rumah betang Pemkab Barito Utara tersebut.

“Namun, kami masih belum mengetahui penyebab kebakaran yang menghanguskan Rumah Betang tersebut,” jelasnya saat dikonfirmasi Tribunkalteng.com, Jumat (12/8/2022) dini hari.

Ia menambahkan, informasi terakhir yang terbakar adalah Rumah Betang Kabupaten Barito Utara dan bangunannya memang terbuat dari bahan kayu.

“Alhamdullilah, Saat proses pemadaman api, para anggota pemadam kebakatan tak mendapat kendala sama sekali,” ujar Jean.

Lebih lanjut, Jean menjelaskan karena sumber air di lokasi tempat kejadian kebakaran (TKK) tersedia.

Terdapat parit di dekat rumah Betang tersebut, sehingga memudahkan petugas pemadam kebakaran melokalisir api.

“Kendalanya hanya saat masuk, karena banyak warga yang menghalangi jalan karena menonton kebakaran,” ujar Jean.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kalteng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved