Kesehatan

5 Cara Menghilangkan Komedo Hitam, Jerawat Jangan Dipencet Sembarangan

cara menghilangkan komedo hitam sangat berhubungan dengan kecocokan kulit sehingga komedo hitam bisa hilang secara maksimal. Ingat jangan dipencet

Editor: amirul yusuf
tribunkaltenng.com/kompas.com
Tips Menghilangkan Komedo Hitam, jenis jerawat yang jangan dipencet 


TRIBUNKALTENG.COM - Komedo hitam tentu sangat menggangu terutama dalam penampilan seseorang.  Banyak orang yang mencari cara menghilangkan komedo hitam dengan berbagai cara. Namun kecocokan kulit dan cara menghilangkan komedo hitam sangat berhubungan sehingga komedo hitam bisa hilang secara maksimal.

Komedo Hitam merupakan jenis jerawat yang rentan menyerang pemilik kulit berminyak. Dilansir dari Insider, komedo hitam terbentuk ketika pori-pori kulit tersumbat sel kulit mati dan minyak berlebih, lalu teroksidasi udara. Berbeda dari whitehead atau komedo putih yang terbenam di bagian dalam kulit, komedo hitam biasanya membuat bintik-bintik hitam di kulit.

Penyebab komedo hitam biasanya berasal dari faktor genetika. Selain itu, stres dan pola makan tidak sehat yang memicu peradangan turut menjadi salah satu faktor yang menyebabkan masalah kulit ini. Meskipun cukup menjengkelkan, masalah kulit ini sebaiknya tidak sembarangan dipencet karena bisa meningkatkan bekas luka berupa bopeng. Berikut beberapa cara menghilangkan komedo hitam yang bisa diimplementasikan.

Cara menghilangkan komedo hitam Cara menghilangkan komedo hitam bisa dengan rutin membersihkan kulit, menggunakan skincare yang tepat, pakai masker komedo, sampai perawatan. Berikut beberapa di antaranya:

Baca juga: Khasiat Cocor Bebek, Jenis Tanaman Hias ini Mujarab Obati Jerawat, Sakit Gigi hingga Bisul

1. Perawatan dermabrasi

Jika perawatan menghilangkan komedo di rumah kurang ampuh mengatasi masalah kulit ini, saatnya untuk menjalani perawatan dermabrasi ke klinik dokter spesialis kulit yang terpercaya.

Perawatan dermabrasi bisa menggunakan skincare untuk membantu pengelupasan kimia atau dengan alat khusus untuk mengangkat komedo. Coba beragam cara menghilangkan komedo hitam di atas.

Perlu diingat, perawatan seperti ini tidak bisa instan. Tapi, butuh waktu sekitar enam sampai 12 minggu hingga Anda bisa melihat hasil yang memuaskan.

Ilustrasi
Ilustrasi (tribunkaltenng.com/kompas.com)

2. Bersihkan kulit dengan asam salisilat

Pastikan pemilik kulit berkomedo hitam membersihkan kulit secara berkala; terutama di pagi hari, saat wajah banyak berkeringat, dan di malam hari sebelum tidur.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved