Berita Palangkaraya

Ular Kobra Masuk Rumah Jalan Perintis Palangkaraya, Ditangkap Petugas Sempat Semburkan Bisa

Seekor ular jenis Kobra masuk ke dalam rumah warga. Kejadian ular masuk rumah warga setempat sudah terjadi sebanyak dua kali.

Penulis: Pangkan B | Editor: Fathurahman
Damkar Kota Palangkaraya untuk Tribunkalteng.com
Ular Kobra sepanjang 2,36 meter masuk rumah warga Jalan Perintis, Kota Palangkaraya, Selasa (2/8/2022). Informasi warga setempat ular sudah dua kali masuk rumah warga setempat. 

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA - Seekor ular jenis Kobra masuk ke dalam rumah warga. Kejadian ular masuk rumah warga setempat sudah terjadi sebanyak dua kali.

Diduga mencari makanan, seekor ular kobra sepanjang 2,36 Meter masuk rumah warga Palangkaraya, Selasa (2/8/2022).

Lokasi rumah yang kemasukan ular tersebut tepatnya di Jalan Perintis 8 Km 9, Sebangau, Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Palangkaraya, Dra Gloriana melalui Kepala Seksi Pengendali Operasi dan Komunikasi Penyelamatan Bidang Penyelamatan, Sucipto membenarkan, adanya ular masuk dalam rumah warga Palangkaraya tersebut.

Baca juga: NEWS VIDEO, Sebelum Meninggal di Jembatan Bajarum Pemotor Wanita Ini Tinggalkan Pesan Suara

Baca juga: 28 Ular Masuk Rumah Warga Palangkaraya November-Desember, Ada King Cobra Saingan Panji Petualang

Baca juga: NEWS VIDEO, Tim ERP Divisi Animal Rescue Evakuasi Ular Kobra 1,5 Meter Masuk Toko Sepatu

“Laporan berasal dari warga bernama Bapak Ade, warga Jalan Perintis terkait ular masuk rumahnya,” terangnya, Selasa (2/8/2022).

Ular tersebut berjenis Kobra dan dikenal dengan bisanya yang sangat beracun atau high venom.

“Pemilik rumah mengetahui ada ular masuk saat sedang bekerja, kemudian ia melihat ada ular bewarna kehijau-hijauan dan kuning,” jelas Sucipto.

Tak berani dan tak ingin ambil resiko mengevakuasi ular seorang diri, Ade pun menghubungi petugas DPKP Kota Palangkaraya.

Sucipto mengatakan ular berada di lemari yang terdapat banyak barang, sehingga membuat proses evakuasi cukup memakan waktu.

Bahkan ular sesekali menyemburkan bisanya saat hendak dievakuasi oleh petugas.

“Ular cukup sulit ditangkap karena berlindung pada barang yang ada di lemari, lalu melakukan perlawanan dengan menyemburkan bisa, dan ular sangat agresif,” ungkap Sucipto.

Diperkirakan ular tersebut masuk melalui pintu belakang rumah, terlebih tanah sebelah rumah Pak Ade baru saja dibersihkan.

“Berdasarkan pengakuan korban, pasa tahun sebelumnya juga sempat ular masuk ke rumahnya. Namun ular Kobra tersebut sempat lari ke dalam hutan di belakang rumah,” ujar Sucipto.

Lebih lanjut, ular diduga mencari makanan sehingga masuk ke dalam rumah.

cobra masuk rumah warga pa;angka
Petugas saat mengamankan ular Cobra yang masuk ke dalam rumah warga. Diduga mencari makanan, seekor ular kobra sepanjang 2,36 Meter masuk rumah warga Palangkaraya, Selasa (2/8/2022). (Damkar Kota Palangkaraya untuk Tribunkalteng.com)

Serta mencari tempat tinggal baru, akibat habitatnya telah menjadi perumahan dan pemukiman warga.

“Petugas berhasil melakukan evakuasi pada Kobra tersebut selama 25 menit, saat diukur panjang Kobra mencapai 2,36 meter atau sebesar pergelangan tangan orang dewasa,” tutupnya.(*)

 

 

 

Sumber: Tribun Kalteng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved