Kotim Habaring Hurung

Pasien Covid-19 di Kotim Kembali Muncul, Bupati H Halikinnor Minta Warganya Suntik Vaksin Booster

Kasus Covid-19 di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) kembali muncul. Terdeteksi pasien yang dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Murjani.

Editor: Fathurahman
tribunkalteng.com
Bupati Kotim, H Halikinnor SH MM, ketika berbincang dengan salah seorang dokter dari RSUD dr. Murjani Sampit. Tampak dibelakangnya Wakil Bupati Kotim, Irawati, Ketua DPRD Kotim, Rinie Anderson, dan sejumlah pejabat turut hadir dalam kegiatan tersebut.(Tribunkalteng.com / Devita Maulina) 

TRIBUNKALTENG.COM, SAMPIT -Kasus Covid-19 di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) kembali muncul. Terdeteksi pasien yang dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Murjani Sampit.

Bukan hanya itu, ada pula pasien yang tengah menjalani isolasi mandiri (isoman) di rumah karena tertular virus covid -19 tersebut.

Kabar ini disampaikan langsung oleh Bupati Kotim, H Halikinnor SH MM, pada acara pelepasan purnatugas Lurah Baamang Barat, Kecamatan Baamang, Senin (1/8/2022).

“Saya menginformasikan bahwa saat ini kita sudah ada satu pasien Covid-19 yang dirawat di rumah sakit dan satu yang isoman. Jadi sudah ada peningkatan sedikit kasus Covid-19 di Sampit,” ujarnya.

Kendati demikian, ia tidak menyebutkan kapan kasus Covid-19 itu terjadi dan kronologi pasien hingga terpapar virus tersebut.

Baca juga: Lurah Baamang Barat Purnatugas, Saat Pelepasan Bupati H Halikinnor Sebut Paliansyah Sahabat Karib

Baca juga: Semarak HUT ke 77 Kemerdekaan RI, Kelurahan Langkai Gelar Lomba Panjat Pinang Hingga Bakti Sosial

Baca juga: Jalan Rusak Lingkar Selatan Sampit Parah, Alat Berat Terjatuh Tutup Jalan Bikin Lalulintas Macet

Sehubungan dengan terdeteksinya kasus baru Covid-19 ini, orang nomor satu di Kotim itu mengimbau masyarakat untuk segera melaksanakan vaksinasi Covid-19 secara lengkap sesuai anjuran Kementerian Kesehatan.

Bagi yang sudah vaksin dosis 1 segera ke dosis 2, begitupun yang dosis 2 diminta secepatnya menjalani dosis 3 atau booster apabila rentang jarak waktu tahapan vaksinasi telah terpenuhi. Karena dengan menjalani vaksinasi secara lengkap ia yakin imunitas tubuh akan meningkat dan mampu melawan paparan penyakit Covid-19.

“Karena ini terbukti, yang sudah vaksin walaupun masih bisa terpapar tapi hanya beberapa hari saja sembuh. Artinya daya tahan tubuhnya meningkat,” pinta Koordinator Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) wilayah Kalimantan Tengah (Kalteng) ini.

Saat ini pihaknya melalui Dinas Kesehatan (Dinkes), khususnya seluruh puskesmas di wilayah ini, tengah menggencarkan pelayanan vaksinasi booster.

Tujuannya untuk memperkuat herd immunity atau kekebalan kelompok yang telah dicapai.

Baca juga: 2 Bulan Terakhir Pasien Covid-19 Kotim Nihil, Bupati H Halikinnor Ajak Warga Lengkapi Vaksin Booster

Baca juga: Kemah Budaya Kotim, Wabup Irawati Sebut Sebagai Wadah Mengasah Kreatifitas & inovasi Pemuda

Ia berharap dengan terbentuknya herd immunity maka Covid-19 tak lagi menjadi momok yang menakutkan bagi masyarakat dan tak ubahnya seperti flu biasa.

“Makanya saya minta mohon masyarakat yang belum vaksin ketiga segera  saja suntik booster. Karena kami sekarang sedang gencar-gencarnya melaksanakan vaksinasi di puskesmas-puskesmas,” imbaunya.

Disamping itu, Halikinnor kembali mengimbau masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan (prokes) setiap beraktivitas di luar rumah maupun berinteraksi dengan orang luar.

Salah satunya penggunaan masker di tempat tertentu, khususnya ruang tertutup, agar kembali dijalankan. Terutama jika merasa kurang sehat atau sedang flu.

Kendati demikian, orang nomor satu di Kotim ini mengimbau masyarakat untuk tidak panik terhadap penemuan kasus baru Covid-19 ini.

kasus covid 19  yang mulai mucnusl di kotim
RSUD dr Murjanis Sampit, tempat para pasien Covid-19 di wilayah Kabupaten Kotawaringin Timur dirawat ketika mulai mengalami gejala sedang hingga berat. (Tribunkalteng.com / Devita Maulina)

Meskipun, dibeberapa daerah kasus Covid-19 sudah mulai tinggi, seperti di Palangkaraya, Katingan, dan Kapuas, namun ia optimis masyarakat Kotim dapat melalui fase ini dengan baik karena mayoritas masyarakat telah menjalani vaksinasi dosis 1 maupun dosis 2, hanya tinggal booster yang perlu dikejar.

“Insyaallah dapat kita lalui, karena yang ada ini pun tidak mengalami gejala berat, hanya gejala ringan, mudah-mudahan segera sembuh dan tidak ada penambahan kasus lagi,” pungkasnya. (*)  (Tribunkalteng.com / Devita Maulina)

Sumber: Tribun Kalteng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved