Kemenkumham Kalteng

Wamentan & Kemenkumham Kalteng Kolaborasi Penanaman Jagung Perdana di Wilayah Khusus Lapas Sukamara

Kemenkumham dan Kementan meluncurkan progran Food Estate Prison berupa pengembangan lahan jagung di wilayah khusus Lapas Klas III Sukamara

Editor: Dwi Sudarlan
Kemenkumham Kalteng
Kemenkumham dan Kementan meluncurkan program Food Estate Prison berupa pengembangan lahan jagung di wilayah khusus Lapas Klas III Sukamara, Kalteng, Rabu (20/7/2022). 

TRIBUNKALTENG.COM, SUKAMARA - Lembaga Pemasyarakatan Klas III Sukamara menjadi tuan rumah  kegiatan penanaman jagung sebagai bentuk tindak lanjut dari Nota Kesepahaman Antara Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) dengan Kementerian Pertanian Nomor 05.HM.05.50 Tahun 2019 dan Nomor 06/MOU/HK.220/M/7/2019 Tanggal 3 Juli 2019 Tentang Sinergitas Pelaksanaan Tugas dan Fungsi dan Pengembangan Sumber Daya Manusia.

Melalui jajaran Pemasyarakatan di Kalimantan Tengah, Kemenkumham meluncurkan program Food Estate Prison pada Rabu 20 Juli 2022.

Program ini merupakan bentuk pembuktian kepada masyarakat bahwa Pemasyarakatan bukan sebatas Kepenjaraan, namun juga penyediaan pendidikan dan pelatihan bagi para Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) agar menjadi manusia yang unggul dan produktif.

“Pengembangan lahan jagung ini juga bentuk dukungan Kemenkumham RI Melalui UPT Pemasyarakatan terhadap program pemerintah pusat, dalam hal ini Kementerian Pertanian RI yang telah memilih Kalimantan Tengah sebagai salah satu lumbung ketahanan pangan nasional,” ujar Fajar B.S. Lase, Staf Khusus Menteri Hukum dan HAM RI Bidang Transformasi Digital dalam sambutannya.

Kemenkumham dan Kementan meluncurkan progran Food Estate Prison berupa pengembangan lahan jagung di wilayah khusus Lapas Klas III Sukamara, Kalteng, Rabu (20/7/2022).
Kemenkumham dan Kementan meluncurkan program Food Estate Prison berupa pengembangan lahan jagung di wilayah khusus Lapas Klas III Sukamara, Kalteng, Rabu (20/7/2022). (Kemenkumham Kalteng)

Selain itu, Fajar B.S. Lase juga menyatakan harapannya agar pengembangan lahan jagung oleh Lembaga Pemasyarakatan Klas III Sukamara ini dapat menjadi contoh bagi UPT yang lain dan masyarakat.

“Semoga pengembangan lahan jagung ini nantinya dapat menyumbangkan hasil panen yang melimpah bagi pemasukan kebutuhan pangan masyarakat, khususnya di Kabupaten Sukamara” imbuhnya.

Kepala Kanwil Kemenkumham Kalteng Hendra Ekaputra dalam meluncurkan progran Food Estate Prison berupa pengembangan lahan jagung di wilayah khusus Lapas Klas III Sukamara, Kalteng, Rabu (20/7/2022).
Kepala Kanwil Kemenkumham Kalteng Hendra Ekaputra dalam meluncurkan progran Food Estate Prison berupa pengembangan lahan jagung di wilayah khusus Lapas Klas III Sukamara, Kalteng, Rabu (20/7/2022). (Kemenkumham Kalteng)

Dalam kegiatan ini, turut hadir beberapa pejabat dari Kementerian dan Lembaga terkait, di antaranya: Wakil Menteri Pertanian RI Harvick Hasnul Qolbi dan Direktur Pangan dan pertanian Bappenas RI Ir. R. Anang Noegroho Setyo Moeljono, MEM; Seketaris Badan PPSDMP Kementerian Pertanian, Dr. Ir. Yulia Kurniawati, M.Si. serta jajaran pemerintah daerah, yaitu Bupati Sukamara H. Windu Subagio berserta jajaran SKPD Kabupaten Sukamara. (*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved