Kotim Habaring Hurung

Sampit Bakal Miliki Unit Pelatihan Tenaga Kerja, Bupati H Halikinnor Optimistis Ekonomi Makin Baik

Pemerintah Pusat akan membangun Unit Pelaksana Teknis Pelatihan Tenaga Kerja atau UPTPTK di Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim).

Editor: Fathurahman
faturahman/tribunkalteng.com
Bupati H Halikinnor, saat memberikan penjelasan terkait pembangunan Unit Pelaksana Teknis Pelatihan Tenaga Kerja atau UPTPTK yang akan dibangun di Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Kamis (21/7/2022). 

TRIBUNKALTENG.COM, SAMPIT- Unit Pelaksana Teknis Pelatihan Tenaga Kerja atau UPTPTK akan di bangun di Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim).

Rencana pembangunan UPTPTK tersebut merupakan program kementerian terkait di pemerintah pusat dalam rangka memberikan pelatihan untuk warga Kalteng terampil dan siap pakai untuk masuk kerja.

Informasi terhimpun, Kamis (21/7/2022) Dirjen dari Kementerian Tenaga Kerja Pusat  bersama staf khusus menteri datang ke Sampit untuk melihat secara langsung lokasi rencana pembangunan UPTPTK tersebut.

Bupati Kotim H Halikinnor, saat ditanyakan seputar rencana pembangunan UPTPTK di Kotim tersebut membenarkannya.

Baca juga: Percepat Pengangkutan Sampah Depo Sampit, Bupati H Halikinnor Anggarkan Pembelian Dua Loader

Baca juga: Bupati H Halikinnor Terbitkan Surat Edaran, Tertib Kendaraan Angkutan Barang & Alat Berat di Kotim

Baca juga: Bupati H Halikinnor Optimistis, Target Stunting Kotim Tahun 2024 Turun Hingga 15,17 Persen Tercapai

Dia mengatakan, pengelolaan UPTPTK tersebut merupakan kewenangan Pemprov Kalteng untuk pengelolaanya, namun pemerintah pusat memilih lokasi pembangunanya di Sampit.

"Hari ini, Dirjen dari Kementerian Tenaga Kerja Pusat bersama staf khusus menteri akan datang ke Sampit untuk melihat secara langsung lokasi rencana pembangunan UPTPTK itu,"ujarnya.

Dikatakan dia, pihaknya telah menyiapkan lahan sebagai lokasi untuk pebangunan UPTPTK tersebut." Kita sudah meyiapkan lahan seluas 20 hektare untuk pembangunannya," ujar Bupati H Halikinnor.

Dia mengungkapkan, UPTPTK tersebut pada setiap provinsi hanya ada satu, lokasi pembangunan unit pelatihan bagi tenaga kerja di Sampit nantinya berada di Jalan Jenderal Soedirman km 14 arah Sampit-Pangkalan Bun.

Dengan pembangunan UPTPTK di Sampit tersebut nantinya untuk pelaksanaan balai latihan kerja warga Kalteng terpusat di Sampit.

"Saya berharap pembangunannya segera terealisasi, sehingga memudahkan warga Kalteng untuk mendapatkan pelatihan di UPTPTK tersebut," katanya.

Tentunya sebut Bupati H Halikinnor, semua yang mendapatkan pelatihan di lembaga tersebut akan siap pakai setelah selesai diberikan pelatihan oleh tenaga ahlinya atau teknisinya.

Baca juga: Turunkan Angka Stunting, Pemkab Kotim Jalankan Program Dapur Sehat Pada 33 Kampung KB

Baca juga: Penanganan Stunting Kotim Terbaik, Wabup Irawati Wakili Bupati Terima Pengharagaan di Makassar

Bukan hanya itu, nantinya ketika lembaga tersebut beroperasi diharapkan akan membangkitkan perekomian Kotim, karena akan banyak yang datang dari seluruh Kalteng untuk diberikan pelatihan di lembaga tersebut.

"Nantinya, akan berdampak baik untuk tamu hotel, penginapan dan losmen di sampit, karena banyak yang datang mengikuti pelatihan dan Sampit akan semakin ramai," katanya. (*)

Sumber: Tribun Kalteng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved