Berita Palangkaraya

Vaksin Booster Bakal Menjadi Salah Satu Syarat Perjalanan Dalam Negeri Sejak 17 Juli 2022

Pemerintah Pusat memberlakukan penerapan vaksin booster sebagai syarat perjalanan dalam negeri mulai 17 Juli 2022 mendatang, karena kasus Covid-19

Penulis: Ghorby Sugianto | Editor: Sri Mariati
Tribunkalteng.com/Fathurahman
Suasana Bandara Tjilik Riwut Palangkaraya, Kalimantan Tengah, siap-siap vaksinasi booster jadi syarat perjalanan dalam negeri. 

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA - Masyarakat Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) siap-siap bakal mengikuti kebijakan terbaru dari pemerintah pusat. Karena peraturan terbaru untuk pelaku perjalanan dalam negeri bakal diberlakukan.

Pelaku perjalanan tersebut untuk vaksin booster, untuk menangkal pandemi Covid-19 yang beberapa hari menunjukan grafik peningkatan pasien terkonfirmasi positif.

Tak hanya vaksin booster, pemakaian masker dalam ruangan dan luar ruangan akan kembali digencarkan pemerintah pada tanggal 17 Juli 2022 nanti.

Kepala Dinas Perhubungan Kalteng Yulindra Dedy mengimbau, kepada seluruh masyarakat untuk tetap mematuhi ketentuan Protokol Kesehatan, perjalanan seperti apa yang ditentukan dan ditetapkan oleh pemerintah pusat.

Baca juga: Kasus Positif Covid-19 Transmisi Lokal Keluarga Mendominasi, Vaksinasi Booster Palangkaraya Gencar

Baca juga: Bandara Tjilik Riwut Mulai Terapkan Syarat Perjalanan Domestik Tanpa Test Antigen dan PCR

"Penerapan syarat vaksin booster sebagai syarat perjalanan dalam negeri baik menggunakan jalur darat, laut, dan udara adalah untuk keamanan dan keselamatan masyarakat. Untuk itu, kami mengimbau agar masyarakat dapat mengikuti saja aturan tersebut," kata Yuliandra Dedy, Kamis (14/7/2022).

Menurutnya, penerapan syarat vaksin booster sebagai syarat bagi pelaku perjalanan dalam negeri agar bebas dari ketentuan wajib tes Covid-19. Baik dengan Antigen ataupun RT-PCR.

"Berdasarkan surat edaran satuan tugas Nomor 21 Tahun 2022 tentang ketentuan perjalanan dalam negeri, ketentuan bebas tes Covid-19 bagi pelaku perjalanan yang sudah vaksin booster akan mulai diberlakukan mulai 17 Juli 2022," jelasnya.

Baca juga: Booster Paling Diminati Pemudik di Bandara Tjilik Riwut, Tak Lagi Sertakan Surat Bebas Covid-19

Hingga saat ini, pihaknya terus melakukan koordinasi dan komunikasi kepada pihak lainnya, terkait bagaimana teknis dan mekanisme pelaksanan ketentuan perjalanan dalam negeri terbaru tersebut, guna mencegah penyebaran Covid-19.

"Sementara ini masih ditangani melalui petugas KKP di masing-masing pelabuhan dan bandara. Sambil nanti kita evakuasi terus perkembangannnya. Pada intinya Pemerintah Kalteng siap jika aturan itu mulai diberlakukan," pungkasnya. (*)

Sumber: Tribun Kalteng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved