Berita Palangkaraya

Kasus Positif Covid-19 Transmisi Lokal Keluarga Mendominasi, Vaksinasi Booster Palangkaraya Gencar

Penyebaran Covid-19 transmisi lokal keluarga di Palangkaraya mendominasi pasien yang dirawat maupun yang isolasi mandiri.

Penulis: Ghorby Sugianto | Editor: Fathurahman
Tribunkalteng.com/ Ghorby Sugianto
Vaksinasi Dosis 3 terus digencarkan oleh Pemko Palangkaraya untuk mencegah penyebaran Covid-19.Pemberian vaksinasi oleh RS TNI AD di Palma, Palangkaraya beberapa waktu lalu. 

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA - Penyebaran Covid-19 transmisi lokal keluarga di Palangkaraya mendominasi pasien yang dirawat maupun yang isolasi mandiri.

Sedangkan pencapaian target untuk vaksinasi dosis 3 vaksin Booster masih belum mencapai target, sehingg memaksa instansi terkait menggencarkan vaksinasi booster.

Vaksinasi dosis lengkap khususnya dosis 3 di Kota Palangkaraya masih 35 persen atau sekitar 78 ribuan orang sudah menerima suntikan vaksin tersebut. 

Kendati demikian, Kepala Dinas Kesehatan Kota Palangkaraya, Andjar Hari Purnomo mengatakan, jika dari capaian 35 persen itu masih belum sesuai target yang ditetapkan pemerintah pusat.

Baca juga: 384 Siswa Baru SMAN 1 Palangkaraya Ikuti Program MPLS, Sekolah Ajarkan Siswa Saling Bertoleransi

Baca juga: Pasien Covid-19 Palangkaraya Meningkat, Vaksinasi Lengkap Penting Cegah Varian Baru Omicron

Baca juga: Aksi Pencurian di Kota Palangkaraya Terekam CCTV, Maling Berhasil Gasak Uang Rp 2 Juta & Rokok

Pihaknya pun berbagai upaya untuk menggenjot kembali vaksinasi dosis lengkap yang mulai kendor di masyarakat, karena merasa sudah aman dengan vaksin dosis 2.

"Kami mengimbau kepada masyarakat mendatangi fasilitas layanan kesehatan. Bagi yang telah divaksin dosis ke satu dan dua   untuk melakukan  booster vaksinasi covid-19," ujar Andjar Hari Purnomo, Selasa (12/7/2022). 

Vaksin booster menurutnya untuk mencegah terpaparnya virus dari Wuhan, China yang sudah menelan kematian banyak orang di Indonesia bahkan dunia. 

“Agar memperoleh manfaatnya yaitu, mencegah infeksi virus Corona, mempertahankan tingkat kekebalan tubuh,  memperkuat antibodi yang sudah terbangun, dan memperpanjang masa perlindungan dari virus,” tegasnya. 

Dihimpun dari data Satgas Covid-19 Palangkaraya, capaian vaksin booster paling tinggi oleh tenaga kesehatan yakni hampir 90 persen, kedua tertinggi oleh pelayan publik. 

Sementara itu, dalam seminggu terkakhir, di Kota Palangkaraya terdapat 44 kasus terkonfirmasi positif Covid-19. Yang rata-rata karena tranmisi lokal keluarga. 

Wilayah yang berzona merah ada di Kecamatan Jekan Raya, yaitu Kelurahan Menteng, Palangka dan Bukit Tunggal. Zona orange di Kelurahan Kereng Bangkirai dan zona kuning Kelurahan Langkai dan Panarung. (*)

 

Sumber: Tribun Kalteng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved