Berita Kapuas

Hasil Penyidikan Dugaan Korupsi KPU Kapuas, Kejaksaan Beberkan Modus & Peran 2 Tersangka

Hasil penyidikan Kejari Kapuas dugaan korupsi pengelolaan dana hibah APBD Pilgub Kalteng 2020 lalu dibeberkan saat rilis termasuk peran dua tersangka

Penulis: Fadly Setia Rahman | Editor: Sri Mariati
ISTIMEWA
Suasana Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kapuas, Selasa (12/7/2022) siang. 

TRIBUNKALTENG.COM, KUALAKAPUAS - Kejaksaan Negeri (Kejari) Kapuas menetapkan dua tersangka kasus korupsi di tubuh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kapuas.

Dua tersangka  Korupsi KPU Kapuas yakni berinisial O, yang saat itu menjabat Sekretaris KPU dan inisial B, Komisioner KPU Kapuas.

Diungkap saat rilis yang disampaikan langsung Kajari Kapuas Arif Raharjo, didampingi Kasipidsus Kiki Indrawan, Kasi Intel Amir Giri Muryawan dan Kasipidum T Ludong, Selasa (12/7/2022).

Pihak kejaksaan juga menyampaikan proses dan hasil penyidikan berjalan. Dalam rilis Kasipidsus Kejari Kapuas, Kiki Indrawan menyebut, penyidikan telah berproses selama kurang lebih satu tahun.

"Lamanya waktu penyidikan dikarenakan kendala dalam mengumpulkan alat bukti yang tidak mudah," katanya.

Dibeberkan pula keberadaan saksi tidak hanya ada di Kapuas akan tetapi ada yang berada di Jakarta, Banjarmasin, dan Palangkaraya.

Baca juga: Kasus Dugaan Korupsi di KPU Kapuas, Penyidikan Mengerucut pada Kegiatan Pengadaan APD

Baca juga: Sekretaris & Komisioner KPU Kapuas Ditetapkan Jadi Tersangka Oleh Kejari, Dugaan Korupsi Dana Pilgub

Demikian halnya untuk menguji barang bukti berupa nota belanja tim penyidik harus mencari sumber barang dan mendatangi secara langsung ke toko-toko.

Dengan lokasinya tidak hanya berada di Kapuas saja, Namun berada di Banjarmasin, Palangkaraya, bahkan ada yang berasal dari pulau Jawa.

Setelah alat bukti dirasa cukup membuat terang perkara ini dan ditemukan adanya potensi kerugian negara, maka pada 2 Februari 2022, tim penyidik meminta bantuan kepada BPKP Perwakilan Kalteng untuk melakukan perhitungan kerugian negara.

Kejari Kapuas Beberkan Modus dan Peranan Tersangka

Halaman
12
Sumber: Tribun Kalteng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved