Idul Adha 2022

Idul Adha 2022, Penyaluran Hewan Kurban Masjid Raya Darussalam Palangkaraya Turun, Hanya 700 Kupon

Idul Adha 2022, Masjid Raya Darussalam Kota Palangkaraya, dalam penyaluran hewan kurban dikatakan menurun dibanding tahun sebelumnya, 700 kupon saja

Penulis: Ghorby Sugianto | Editor: Sri Mariati
Tribunkalteng.com/Ghorby Sugianto
Hewan kurban yang ada di halaman Masjid Raya Darussalam, Palangkaraya. Pemotongan hewan kurban dijadwalkan hari Senin (11/7/2022). 

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA - Hari raya Idul Adha 2022, Masjid Raya Darussalam Kota Palangkaraya, dalam penyaluran hewan kurban dikatakan menurun dibanding tahun sebelumnya. Sementara tercatat hari ini ada 7 ekor sapi dan 2 ekor kambing.

Hal itu disampaikan oleh Wakil Sekretaris Masjid Raya Darussalam, M Fatchurahman kepada Tribunkalteng.com di ruangan sekretariat Masjid Darussalam.

"Untuk sementara saat ini, tidak tahu siang, sore atau besok pagi. Sapi 7 ekor dari masyarakat 5 ekor, 2 ekor dari Bank Kalteng, Kambing 2 ekor dari masyarakat," kata M Fatchurahman, Sabtu (9/7/2022).

"Tahun ini memang agak turun (jumlah hewan kurban) apakah gara-gara PMK? tetapi saya lihat di masjid lain ada  peningkatan, nah di Masjid Raya Darussalam terjadi penurunan," bebernya.

Baca juga: Wali Kota Palangkaraya Fairid Naparin Salurkan 37 Ekor Hewan Kurban, Dibagikan yang Membutuhkan

Baca juga: Pemprov Kalteng Salurkan 400 Hewan Kurban, Masjid yang Terima Bergantian

Menurutnya, hewan kurban di Masjid Darussalam Palangkaraya tahun ini tidak sebanyak tahun-tahun sebelumnya.

Misalnya tahun kemarin ada 10 ekor sapi atau tahun sebelumnya lagi ada 12 ekor sapi, belum termasuk kambing.

Selanjutnya, hewan kurban tersebut akan diprioritaskan penyalurannya ke masyarakat terdekat yang berhak menerimanya dan masyarakat yang telah berkurban atau disebut Shohibul Kurban.

Dia menjelaskan untuk yang Shohibul Kurban, misalnya 1 sapi itu terdapat 7 orang yang berkurban. 1 orangnya akan mendapat 10 bungkus dengan ukuran 4-5 ons per bungkus.

Baca juga: Daftar Lokasi Penjualan Hewan Kurban di Palangkaraya, Rutin Dipantau untuk Hindari Serangan PMK

Selain itu dia menambahkan dalam isi bungkus tersebut bervariasi isinya, ada daging, sedikit tulang bahkan untuk Shohibul Kurban ada yang medapat hati hewan kurban.

Pemotongan hewan kurban di Masjid ini akan berlangsung pada hari Senin (11/7/2022) pukul 06.30 WIB.

Untuk salat Idul Adha 2022 dilaksanakan pada hari minggu atau ahad (10/7/2022) pukul 06.30 WIB.

Pihak Masjid Raya Darussalam mengatakan persiapan hari raya Idul Adha sudah siap semua. H Masrani Arsyad akan jadi Khatib, Imamnya H Yazid Fahri dan Bilal, Ust Berry Prima. (*)

 

Sumber: Tribun Kalteng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved