Breaking News:

Berita Palangkaraya

Perpanjang PPKM Level 1 Palangkaraya, Kasus Harian Covid-19 Masih Didominasi Tranmisi Keluarga

Pemerintah pusat masih memberlakukan Kota Palangkaraya pada PPKM level 1 hingga 1 Agustus 2022 mendatang. hal itu diungkapkan Emi Abriayani

Penulis: Ghorby Sugianto | Editor: Sri Mariati
Tribunkalteng.com/Ghorby Sugianto
Ketua Harian Covid-19 Palangkaraya, Emi Abriyani. 

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA – Pemerintah Pusat kembali menetapkan Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah pada Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 1. Kebijakan terbaru tersebut berlaku hingga 1 Agustus 2022.

Ketua Harian Satgas Covid-19 Kota Palangkaraya, Emi Abriyani menuturkan, jika PPKM Level 1 di Kota Cantik dikarenakan kasus Covid-19 semakin melandai dan tingkat kekematian tidak ada.

"Kasus Covid-19 saat ini melandai itu yang pertama, kedua tingkat kesembuhan tinggi dan ketiga tingkat kematian tidak ada," kata Emi Abriyani, Jumat (8/7/2022).

Meskipun beberapa hari tercatat warga Kota Palangkaraya terkonfirmasi positif Covid-19, menurutnya rata-raya faktornya adalah tranmisi lokal atau keluarga.

Dari data yang dihimpun Tribunkalteng.com, kemarin terdapat 7 orang warga Kecamatan Jekan Raya yang terkonfirmasi positif Covid-19 yang sedang melakukan perawatan.

Baca juga: Ini Aturan PPKM Level 1 untuk Palangkaraya dan Daerah Lain di Kalteng, Jam Operasional Mal Dibatasi

Baca juga: Seluruh Wilayah Kalteng PPKM Level 1, Pemerintah Ajak Hidup Pola Sehat Menuju Zona Hijau

"Memang Rata-rata 7 orang itu karena tranmisi lokal atau keluarga. Jadi ada salah satu keluarga yang berpergian, saat kembali ke rumah menularkan Covid-19," bebernya.

Dia pun mengimbau kepada masyarakat, jika melakukan berpergian ke luar daerah hendaknya melakukan isolasi mandiri dulu, jika merasa tidak enak badan atau memeriksakan diri.

Hal itu untuk mengantisipasi Covid-19 tidak menyebar kepada keluarganya, dan dapat ditangani secara cepat oleh petugas medis.

Sementara itu, untuk capaian vaksin dosis 3 atau booster di Kota Palangkaraya saat ini mencapai 34 persen. Emi Abriyani mengakui jika itu masih belum sesuai yang ditargetkan.

Baca juga: PPKM Level 2, Dinkes Palangkaraya Terbitkan Panduan, 80 Persen Capaian Vaksin Bisa PTM

Namun pihaknya sudah berusaha menggencarkan sosialisasi vaksin booster kepada masyarakat, untuk meningkatkan imun komunal terhadap masyarakat.

"Kami mengupayakan maksimal vaksin booster kepada masyarakat, meski saat ini masih belum sesuai target. Untuk yang belum vaksin dapat menerima vaksin di Puskesmas atau Rumah Sakit terdekat," tegasnya.

Selain itu Emi Abriyani mengajak, masyarakat agar tidak lengah terhadap Covid-19. Dengan menggunakan prokes di dalam atau luar ruangan, hal itu membantu menekan penyebaran virus dari Wuhan, China. (*)

Sumber: Tribun Kalteng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved