Berita Kaltim

Kebakaran di Kaltim, Pangkalan Elpiji Subsidi di Muara Paser Komam Terbakar, Terdengar Ledakan

Kebakaran di Kaltim, si lago merah melalap sebuah pangkalan elpiji subsidi 3 kg di Desa Batu Butok, Kecamatan Muara Komam, Kabupaten Paser

Editor: Sri Mariati
pixabay
Ilustrasi si jago merah melalap sebuah pangkalan elpiji subsidi 3 kg di Desa Batu Butok, Kecamatan Muara Komam, Kabupaten Paser, Kalimantan Timur (Kaltim). 

TRIBUNKALTENG.COM, TANA PASER – Kebakaran di Kaltim, si lago merah melalap sebuah pangkalan elpiji subsidi 3 kg di Desa Batu Butok, Kecamatan Muara Komam, Kabupaten Paser, Kalimantan Timur (Kaltim).

Peristiwa tersebut terjadi pada Senin (4/7/2022) sekira pukul 23:30 WITA.

Video yang beredar di sosial media, kobaran api disertai kepulan asap hitam serta terdengar beberapa kali letusan, dan ada mobil tangki kebakaran berada di lokasi, Selasa (5/7/2022).

Kepala Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Paser M Lukman Dharma membenarkan peristiwa tersebut.

"Memang benar ada kebakaran di Kecamatan Muara Komam, kebakaran terjadi di pangkalan elpiji subsidi milik H Ramlan," kata Lukman.

Pihaknya juga belum mengetahui pasti penyebab terjadinya peristiwa kebakaran pangkalan elpiji subsidi tersebut.

Baca juga: Kebakaran di Kaltim, Sejumlah Rumah Penambang Pasir di Samarinda Ludes, Sempat Terdengar Ledakan

Baca juga: Kebakaran di Kaltim, Akibat Korsleting Listrik Ruko di Jalan PM Noor Samarinda Hampir Terbakar

"Masih dilakukan pemeriksaan, begitupun untuk kerugian materil yang dialami oleh korban karena masih dalam proses perhitungan," tutur Kepala Damkar Paser.

Sementara itu, Camat Muara Komam Mustafa menyampaikan, pasca terjadinya insiden kebakaran tersebut, Ia memastikan tidak adanya korban jiwa yang ditimbulkan.

Hanya saja beberapa kerugian materil, seperti satu ruko, gudang dan kontrakan 3 pintu. Namun dipastikan, tidak ada penghuni dalam kontrakan tersebut.

"Para penghuni kontrakan sudah tidak lagi menyewa dan hanya pemilik beserta anaknya yang tinggal, bentuk rumahnya menyambung antara ruko dan kontrakan," ujar Mustafa.

Lebih lanjut dia mengatakan, hingga pagi tadi sekira pukul 09:00 WITA Damkar beserta tim lainnya masih mendinginkan area pangkalan yang terbakar.

Hal itu dikarenakan, pemilik pangkalan tidak hanya menjual tabung elpiji subsidi namun juga menjual BBM dan gas oksigen.

Akibatnya, petugas tidak terlalu berani untuk mendekat dan lebih fokus pada pengamanan perumahan warga agar api tidak merambah kemana-mana.

Baca juga: Kebakaran di Kaltim, 2 Bangunan Terbuat dari Kayu di Balikpapan Hangus Terbakar, Tak Ada Korban Jiwa

"Kita mengamankan perumahan warga sebelah kiri dan kanan. Jika tidak, maka akan merambah ke yang lainnya karena rumah yang terbakar sudah tidak bisa lagi diselamatkan," beber Mustafa.

Meskipun terjadi insiden kebakaran, kata Camat Muara Komam, pasokan gas elpiji dipastikan aman, karena masih adanya pangkalan lain yang tersedia.

Untuk menjamin ketersediaan elpiji subsidi bagi masyarakat Desa Botuk, ia meminta agen gas elpiji untuk kembali mendistribusikan.

"Biasanya kalau ada kebakaran, agen menyuplai dengan truk angkutnya seperti operasi pasar," ucapnya. (*)

Artikel ini telah tayang di TribunKaltim.co dengan judul Kebakaran di Paser, Pangkalan LPG 3 Kg di Muara Komam Hangus Terbakar, Pasokan Gas Masih Aman.

Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved