Berita Palangkaraya

Popprov Kalteng 2022 Cabang Panjat Tebing, Barito Timur Kans Besar Wakili POPNAS 2023

Popprov Kalteng 2022 cabang olahraga panjat tebing berlangsung di Lapangan Mantikei, Palangkaraya, diikuti 5 daerah di Kalteng

Penulis: Ghorby Sugianto | Editor: Sri Mariati
Tribunkalteng.com/Ghorby Sugianto
Seorang atlet POPROV Kalteng sedang memecahkan jalur sulit panjat tebing di lapangan Mantikei, Palangkaraya, Kamis (30/6/2022). 

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA – Popprov Kalteng 2022 cabang olahraga Panjat Tebing berlangsung di Lapangan Mantikei, Palangkaraya.

Cabang olahraga Panjat Tebing tersebut diikuti oleh 5 Kabupaten dan Kota di Kalteng, Kota Palangkaraya, Barito Timur, Pangkalan Bun, Sukamara dan Sampit.

"Ini adalah penjaringan atlet ke Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS) tahun 2023. Jadi yang menang nanti, itulah yang jadi duta Kalteng," ujar Presiden Juri Cabor Panjat Tebing Popprov Kalteng, Abdul Rahim, Kamis (30/6/2022).

Olahraga yang melatih skill tangan, kaki, dan kelincahan untuk memanjat tebing tersebut pesertanya rata-rata siswa kelas 1 SMP hingga 1 SMA, mereka berkompetisi unjuk taring di papan vertikal.

Ada 3 disiplin penjurian, untuk meraih gelar juara Panjat Tebing, pertama mencari nilai ketinggian, kedua kecepatan atlet meraih posisi yang telah ditentukan dan ketiga memecahkan masalah jalur sulit Panjat Tebing.

Baca juga: Popprov Kalteng 2022, Berlangsung Sepekan 129 Pertandingan dari 13 Cabor Diikuti Para Pelajar

Baca juga: Popprov Kalteng 2022, Kotim Targetkan Juara Umum Bupati H Halikinnor Siapkan Bonus Atlet Berprestasi

Terlihat di lokasi cabor Panjat Tebing, para atlet dengan lincah berpindah dari satu titik ke titik lain hingga menuju titik tertinggi papan vertikal yang telah disediakan panitia.

Abdul Rahim menuturkan, jika atlet putra-putri di Bumi Tambun Bungai Kalteng memiliki potensi yang tak kalah di tingkat nasional kualitas mereka dapat diadu.

Namun permasalahan klasik tentang pendanaan acapkali menjadi kendala atlet putra-putri Kalteng tersebut untuk mengembangkan diri di cabor Panjat Tebing.

Dia berharap akan perhatian pemerintah setempat untuk lebih lagi memperhatikan para atlet.

Karena dengan olahraga, kreatifitas akan muncul dan membanggakan daerahnya dengan prestasi yang ditorehkan.

Baca juga: Popprov Kalteng 2022 Resmi Dibuka, 14 Kontingen Kabupaten Kota Siap Bertanding

"Artinya dalam hal ini bisa mengolahragakan masyarakat dan memasyarakatkan olahraga," bebernya.

Saat ditanya Tribunkalteng.com daerah mana yang mempunyai kans besar menjadi pemenang dan dapat mewakili di POPNAS, Abdul Rahim menyebut Kabupaten Barito Timur. (*)

Sumber: Tribun Kalteng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved