Berita Palangkaraya

PPDB di SMKN 1 Palangkaraya Membeludak, Antre Berjam-jam untuk Wawancara Minat Bakat

PPDB di SMKN 1 Palangkaraya di hari kedua masih terlihat ramai bahkan membeludak dipenuhi siswa yang akan mendaftarkan diri, antrean panjang terjadi

Penulis: Ghorby Sugianto | Editor: Sri Mariati
Tribunkalteng.com/Ghorby Sugianto
Calon peserta didik di SMKN 1 sedang wawancara minat bakat di hari kedua PPDB, Selasa (28/6/2022 

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA - Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Palangkaraya, hari kedua masih terlihat antre tes wawancara minat bakat dari pagi hingga siang hari.

Wawancara minat bakat merupakan salah satu persyaratan calon Peserta Didik baru sebagai seleksi masuk sekolah, tujuannya melalui sistem PPDB online yang dapat diakses di website resmi Kalteng.siap-ppdb.com.

Pantauan Tribunkalteng.com, hari kedua PPDB di SMKN 1 Palangkaraya terlihat ada beberapa orang tua dengan calon Peserta Didik mengantre di halaman sekolah, mereka mengaku sudah mengantre dari pukul 07.30 WIB hingga pukul 12.00 WIB.

Sejumlah orang tua murid dan calon peserta didik tersebut menunggu untuk wawancara bakat mina,t dengan ditandai nomor antrean bergiliran sesuai jurusan yang dipilih.

"Dari jam 07.30 WIB sudah ambil nomor antrean, sampai sekarang belum juga dipanggil. Infonya banyak yang daftar di salah satu jurusan seperti otomotif jadi buat lama," kata seorang wali murid calon peserta didik, Syahril, Selasa (28/6/2022).

Baca juga: PPDB SMA dan SMK Palangkaraya Dibuka, Daya Tampung Siswa 1.280 SMK & SMA 2.112 Orang

Bahkan dia menceritakan sempat terjadi desak-desakan saat pengambilan nomor antrean tadi pagi, sehingga salah seorang murid perempuan terlihat menangis karena terjadi desak-desakan.

Meskipun panitia PPDB sudah mengatur, antusias orang tua murid dan calon Peserta Didik untuk mendapatkan nomor antrean tak terbendung, hingga terjadi desak-desakan.

"Kalau adik saya mau mendaftan jurusan pengelasan, karena SMP sudah di kampung (Pulang Pisau) mau di Kota untuk menambah pengalaman," jelas Syahril.

Hal senada juga diungkapkan orang tua calon Peserta Didik, Agus yang mendaftarkan anaknya di SMKN 1 Palangkaraya Jurusan Listrik. Dia bersama istrinya bergantian mengantre untuk anaknya mendaftar Sekolah.

"Dari jam 8 pagi. Tadi istri saya yang mengantre ini gantian saya. Mendaftar jurusan Listrik," beber Agus.

Baca juga: Hanya 6 Sekolah Gelar PPDB Online SMP di Palangkaraya, Dimulai Hari Ini, Diumumkan 29 Juni 2022

Baca juga: PPDB di MAN Kapuas Mulai Dibuka, Tahap Awal untuk Peserta Didik Jalur Prestasi

Sementara itu, SMKN 1 Palangkaraya yang terletak di Jalan Tambun Bungai ini mempunyai daya tampung siswa hingga 448 kursi terdiri dari 11 jurusan.

Selanjutnya, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah Ahmad Syaifudi saat memberikan keterangan pers terkait pelaksanaan PPDB SMK, belum lama ini.

"Minat dan bakat ini menjadi pertimbangan sesuai dengan bidang keahlian yang dipilihnya dengan menggunakan kriteria yang ditetapkan sekolah, dan institusi pasangan atau asosiasi profesi," ungkapnya.

Menurut Ahmad Saifudi, PPDB SMK dapat dilaksanakan dengan memprioritaskan calon Peserta Didik yang berdomisili terdekat dengan satuan pendidikan kejuruan, paling banyak 10 persen dari daya tampung sekolah.

"Untuk calon siswa yang masuk dalam kategori ekonomi tidak mampu dan penyandang disabilitas jumlah siswa yang dapat diterima sekolah adalah 15 persen dari daya tampung sekolah," tambah Ahmad Saifudi.

Baca juga: Peserta PPDB Online SMA di 2 Kota Kalteng Sempat Waswas karena Ini

Untuk calon peserta didik yang masuk melalui jalur prestasi, akan ditentukan melalui satu prestasi akademik atau prestasi non akademik tertinggi yang diperoleh siswa tingkat internasional, nasional, provinsi dan kabupaten atau kota berjenjang.

"Prestasi ini untuk kegiatan yang dilakukan oleh kementerian atau lembaga resmi yang diakui oleh pemerintah dibuktikan dengan sertifikat penghargaan selama belajar di SMP/MTs," pungkas Ahmad Saifudi.  (*)

Sumber: Tribun Kalteng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved