Berita Kalbar

Banjir di Kalbar, Aktivitas Pasar Menukung Melawi Tutup, Debit Air Naik 1 Meter

Banjir di Kalbar, Kapolsek Menukung, Iptu Tri Jumadi mengatakan, banjir di pasar Menukung Kabupaten Melawi, mengalami kenaikan debit air setinggi 1 m

Editor: Sri Mariati
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/Istimewa/Polsek Menukung
Jajaran Polsek Menukung saat melakukan monitoring debit air sungai di Pasat Menukung, Desa Menukung Kota, Kecamatan Menukung, Kabupaten Melawi, Sabtu (25/6/2022). 

TRIBUNKALTENG.COM, MELAWI – Banjir di Kalbar, Kapolsek Menukung, Iptu Tri Jumadi mengatakan, banjir di pasar Menukung Kabupaten Melawi, mengalami kenaikan debit air setinggi 1 meter, yang sebelumnya hanya setinggi 70 sentimeter.

"Telah dilaksanakan monitoring perkembangan debit air sungai Melawi di Kecamatan Menukung. Dimana akibat intensitas hujan tinggi, mengakibatkan daerah sekitar Terendam Banjir," ujarnya saya dikonfirmasi Sabtu 25 Juni 2022

Kata Dia, adapun daerah yang terdampak banjir yakni, Desa Nanga Keruap, Desa Ella Hulu dan Desa-desa lainnya di sekitar Menukung Kota, Kabupaten Melawi.

"Hingga saat ini belum terdapat laporan korban jiwa dan kerugian materil akibat curah hujan yang sangat tinggi," ungkapnya.

Namun, Kata Dia aktivitas pasar tutup sejak kemarin, tidak ada proses jual beli.

Baca juga: Banjir di Kalbar, Kini Giliran Kapolsek Singkawang Tengah AKP Samsudin Evakuasi Korban Banjir

Baca juga: Banjir di Kalteng, 6 Jam Diguyur Hujan Lebat Sungai Awang Bartim Meluap, 8 Desa Terdampak

"Serta sampai saat ini belum ada warga yang mengungsi, mereka masih bertahan di lantai dua rumahnya," imbuhnya.

Kapolsek mengatakan kondisi cuaca di Kecamatan Menukung saat ini sedang di guyur hujan deras.

"Akibat tingginya intensitas hujan ini, menyebabkan meningkatnya debit air anak sungai Melawi. Sehingga meluap ke dataran rendah yang berada di pinggiran sungai, secara umum kondisi ketinggian debit air yakni setinggi satu meter," jelasnya.

Baca juga: Banjir Rob di Banjarmasin Rendam Permukiman Warga di Gang H Abdussamad Jalan Kuin Selatan

Untuk itu, Kapolsek mengimbau kepada masyarakat Kecamatan Menukung, khususnya desa-desa yang terdampak banjir. Agar waspada, sambil memantau debit air di sekitar rumahnya.

"Masyarakat desa-desa yang terdampak di imbau, untuk waspada dirumahnya masing-masing sambil memonitor debit air sungai melawi. Semoga cepat surut dan kita bisa beraktivitas seperti biasa," pungkasnya. (*)

Artikel ini telah tayang di TribunPontianak.co.id dengan judul Banjir di Pasar Menukung Melawi Naik Hingga 1 Meter, Aktivitas Pasar Tutup Sejak Kemarin.

 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved