Berita Kalteng

KPU Kalteng Buka Pelayanan Full Time, Siap Suskeskan Tahapan Hingga Pelaksanaan Pemilu 2024

Pelaksanaan tahapan-tahapan Pemilu tahun 2024 sudah siap dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Tengah.

Penulis: Ghorby Sugianto | Editor: Fathurahman
Tribunkalteng.com / faturahman
Ketua KPU Kalteng H Harmain, saat menjelaskan terkait tahapan pelaksanaan pemilu.Pelaksanaa 

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA - Pelaksanaan tahapan-tahapan Pemilu tahun 2024 sudah siap dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Tengah.

KPU sebagai penyelenggara pemilu menyatakan sudah siap melaksanakan tahapan pemilu tahun 2024, sejak peluncuran tahapan pemilu 14 Juni 2022 lalu.

Hal itu sesuai dengan amanat undang-undang yang mengatur, 20 bulan sebelum pemungutan suara berlangsung. Direncanakan pemungutan suara berlangsung pada 14 februari 2024 mendatang. 

"Pada dasarnya kita sudah siap melaksanakan tahapan pemilu. Dan kita sudah diinstruksikan untuk selalu bekerja penuh waktu atau full time," kata Ketua KPU Kalteng, Harmain, Rabu (22/6/2022).

Baca juga: NEWS VIDEO, KPU Kalteng Jadikan Kereng Bangkirai Sebagai Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan

Baca juga: Cegah Kebakaran Hutan dan Lahan, Jelang Puncak Kemarau Kapolresta Palangkaraya Terbitkan Maklumat

Baca juga: Sita 30 Paket 9,22 Gram Sabu Siap Edar, Pria Pengedar Narkoba Diamankan Satresnarkoba Palangkaraya

Dia juga menuturkan jika diintruksikan untuk standby setiap hari 24 jam, bukan berdasarkan kalender atau hari kerja dalam rangka pelayanan. 

Sementara saat ini menurutnya masih dalam tahapan penyusunan peraturan KPU, selanjutnya tanggal 29 Juli hingga 13 Desember 2022 masuk proses verifikasi adminstrasi dan faktual peserta pemilu. 

Sesuai peraturan KPU nomor 3 tahun 2022 tentang tahapan dan penyelenggaran pemilihan umum tahun 2024.

"Bagi partai yang belum memiliki kursi di parlemen DPR RI, akan verifikasi faktual. Bagi yang memiliki kursi di parlemen DPR RI tidak mengikuti verifikasi faktual namun verifikasi administrasi," jelasnya. 

Pada tanggal 14 Desember 2022 KPU RI akan menetapkan partai apa saja yang menjadi peserta pemilu 2024, setelah tahapan verifikasi administrasi dan faktual. 

Selanjutnya jumlah pemilih berkelanjutan saat ini di Kalteng per 6 Juni 2022 terdapat 1.713.215 orang. Bulan Oktober akan dilaksanakan kembali pemutahiran pemilih berkelanjutan. 

Lebih rinci, jumlah pemilih berkelanjutan tersebut dari 14 Kabupaten dan Kota, 136 kecamatan, 1570 Desa atau Kelurahan dengan jumlah TPS 6.045.

Untuk anggarannya pihaknya menyebutkan ada di KPU RI, dengan 3 tahun anggaran. Dari tahun 2022, 2023 dan 2024. 

Dia juga menegaskan ASN di Kalteng sudah mengikuti pelatihan tata kelola kepemiluan, membuktikan kesiapan pemilu 2024.(*)

Sumber: Tribun Kalteng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved