Kemenkumham Kalteng

Kakanwil Kumham Beri Arahan Tupoksi Pemasyarakatan dan WBK/WBBM di Lapas & Bapas Pangkalan Bun

Kakanwil Kemenkumham Kalteng Hendra Ekaputra memberikan penguatan tupoksi serta arahan kepada Pegawai Lapas dan Bapas Pangkalan Bun

Editor: Dwi Sudarlan
Kemenkumham Kalteng
Kakanwil Kemenkumham Kalteng Hendra Ekaputra (tengah) memberikan penguatan tupoksi serta arahan kepada Pegawai Lapas dan Bapas Pangkalan Bun, Rabu (22/6/2022). Kakanwil juga melakukan peninjauan ke blok hunian warga binaan. 

TRIBUNKALTEN.COM, PANGKALAN BUN - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Tengah (Kemenkumham Kalteng) Hendra Ekaputra didampingi Pejabat Administrator dan Pengawas memberikan penguatan tugas pokok dan fungsi serta arahan kepada pegawai di Lapas Kelas IIB Pangkalan Bun dan Bapas Kelas IIB Pangkalan Bun, Kotawaringin Barat.

Ini dilakukan terkait dengan peningkatan pelaksanaan tugas dan fungsi pemasyarakatan serta penguatan WBK/ WBBM dalam persiapan menghadapi panel oleh Tim Penilai Nasional (TPN), Rabu (22/6/2022).

Kepala Kanwil juga menyampaikan langkah-langkah yang dapat dilakukan Lapas Pangkalan Bun yang berkaitan secara langsung dengan warga binaan yaitu 3 Kunci Pemasyarakatan Maju dan Back to Basic, serta mereview tugas-tugas dasar petugas pemasyarakatan yang sering terlewat oleh Jajaran Petugas Pemasyarakatan.

"Bagi petugas pemasyarakatan, kita laksanakan tanggung jawab dengan sebaik-baiknya dan hindari perbuatan yang melanggar aturan yang berlaku di Lapas/Rutan. Saya juga berharap agar seluruh jajaran dapat memberikan pelayanan prima kepada keluarga WBP dan jangan sampai menjadi pengkhianat bangsa dengan membawa barang-barang terlarang ke dalam Lapas Rutan," tegas Kepala Kantor Wilayah.

Kakanwil Kemenkumham Kalteng Hendra Ekaputra (tiga dari kanan) memberikan penguatan tupoksi serta arahan kepada Pegawai Lapas dan Bapas Pangkalan Bun, Rabu (22/6/2022). Kakanwil juga melakukan peninjauan ke blok hunian warga binaan.
Kakanwil Kemenkumham Kalteng Hendra Ekaputra (tiga dari kanan) memberikan penguatan tupoksi serta arahan kepada Pegawai Lapas dan Bapas Pangkalan Bun, Rabu (22/6/2022). Kakanwil juga melakukan peninjauan ke blok hunian warga binaan. (Kemenkumham Kalteng)

Kemudian, Kepala Bagian Program dan Humas Diana Soekowati menyampaikan bahwa dalam menghadapi penilaian oleh TPN ini dikemukakan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan menjadi perhatian serius oleh seluruh satker agar dapat dipersiapkan dengan baik.

“Terkait penilaian oleh TPN, diharapkan kepada seluruh satker khususnya Lapas Pangkalan Bun yang mengejar predikat WBK dan Bapas Pangkalan Bun yang berupaya untuk meraih predikat WBBM agar dapat mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik, terutama terkait inovasi pelayanan, tindak lanjut pengaduan, hingga penilaian survey IPK dan IKM. Semua harus dipastikan berjalan sebagaimana mestinya, jangan ada keluhan dari masyarakat terkait pelayanan yang tidak baik ataupun pengaduan yang tidak kita tindak lanjuti karena semua itu dapat berimplikasi negatif pada penilaian oleh TPN nantinya,“ tutur Diana Soekowati.

Selain itu Kakanwil juga menginstruksikan untuk mengantisipasi berita negatif pada Lapas dan Bapas Pangkalan Bun yang tentunya akan menambah daftar faktor kegagalan satker dalam meraih predikat WBK/WBBM.

Kakanwil Kemenkumham Kalteng Hendra Ekaputra memberikan penguatan tupoksi serta arahan kepada Pegawai Lapas dan Bapas Pangkalan Bun, Rabu (22/6/2022). Kakanwil juga melakukan peninjauan ke blok hunian warga binaan.
Kakanwil Kemenkumham Kalteng Hendra Ekaputra memberikan penguatan tupoksi serta arahan kepada Pegawai Lapas dan Bapas Pangkalan Bun, Rabu (22/6/2022). Kakanwil juga melakukan peninjauan ke blok hunian warga binaan. (Kemenkumham Kalteng)

“Berita negatif hendaknya dapat diantisipasi oleh masing-masing satker, jangan sampai karena hal ini usaha kita untuk meraih predikat WBK/WBBM pada tahun ini akan sia-sia nantinya," ungkap Hendra Ekaputra.

Selanjutnya, Kepala Kanwil melakukan peninjauan ke dalam blok hunian warga binaan untuk menyapa secara langsung dengan memberikan motivasi dan bimbingan kepada mereka.

Disampaikan dalam kegiatan tersebut, agar selalu siaga dengan mengedepankan deteksi dini. Selain itu pastikan tidak ada peredaran barang terlarang, cegah dan berantas peredaran narkoba, serta hindari pungli. harun juga minta jajarannnya untuk cegah kekerasan dan selalu kedepankan nilai HAM dengan berikan hak warga binaan secara tepat waktu sesuai aturan. (*) 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved