Luhut dan Zulkifli Hasan Janji ke Presiden Jokowi: Satu Bulan Lagi Harga Minyak Goreng Curah Turun

Luhut Binsar Panjaitan dan Zulkifli Hasan berjanji kepada Presiden Jokowi, dalam waktu satu bulan lagi, harga minyak goreng curah turun

Editor: Dwi Sudarlan
KOMPAS IMAGES
Pedagang mengemas minyak goreng curah di sebuah kios di Jakarta Selatan. Luhut Binsar Pandjaitan dan Zulkifli Hasan janji harga minyak goreng curah akan turun sebulan lagi. 

TRIBUNKALTENG.COM, JAKARTA - Catat, Luhut Binsar Panjaitan dan Zulkifli Hasan berjanji kepada Presiden Jokowi, dalam waktu satu bulan lagi, harga minyak goreng curah akan turun.

Janji akan turunnya harga minyak goreng itu diucapkan Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan serta Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan kepada Presiden Jokowi dalam Sidang Kabinet di Istana Kepresidenen, Jakarta, Senin (20/6/2022).

Dalam Sidang Kabinet itu, Presiden Jokowi menanyakan kapan harga minyak goreng curah akan merata di Indonesia.

Menjawab itu, Luhut Binsar Pandjaitan dan Zulkifli Hasan yang belum seminggu menjadi Menteri Perdagangan meminta waktu dua pekan sampai satu bulan agar bisa menurunkan harga minyak goreng curah kembali ke Rp 14 ribu per liter.

Baca juga: Pengamat Ekonomi Terlibat Mafia Minyak Goreng, Lin Che Wei Bantu Dirjen Kemendag Mainkan Izin Ekspor

Baca juga: VIDEO CATATAN SI ALAN: 24 Tahun Reformasi vs Mafia Minyak Goreng

Baca juga: Subsidi Migor Curah Dicabut, Pedagang Pasar Besar Sebut Penjual Gorengan di Palangkaraya Terdampak

“Saya tadi menanyakan ke Pak Menko Marinves (Menteri Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan), nanya juga pagi tadi kepada Pak Mendag yang baru, masih minta waktu dua minggu sampai satu bulan agar merata,” ujar Presiden Jokowi usai Sidang Kabinet.

Dia mengaku mengaku senang harga minyak goreng curah di sejumlah pasar di Jawa Barat dan Banten sudah seharga Rp 14 ribu sesuai HET yang ditetapkan pemerintah.

Namun, Presiden Jokowi ingin harga tersebut tidak hanya di Jabar dan Banten  tapi di semua wilayah di Indonesia.

“Saya senang kemarin datang di beberapa pasar di Jabar dan kemarin saya di Provinsi Banten, minyak goreng untuk yang curah sudah di Rp 14 ribu,” kata Jokowi.

Sementara Zulkifli Hasan mengaku sudah mengetahui masalah harga minyak goreng curah yang belum bisa turun ke Rp 14 ribu di sejumlah wilayah.

"Saya target paling tidak sebulan, di tempat yang sudah ditunjuk disediakan itu, maka minyak goreng itu insya Allah akan jadi Rp14 ribu," ungkap Zulkifli Hasan usai Sidang Kabinet.

Namun, dia tidak menjelaskan tempat yang sudah ditunjuk itu.

Hal yang pasti, Zulkifli Hasan menargetkan harga minyak goreng curah murah di 10 ribu titik lokasi.

"Sekarang lagi saya minta install di 10 ribu titik lebih itu orang bisa membeli dengan harga Rp 14 ribu," ucap Zulkifli Hasan.

Nantinya, pemerintah memantau harga dan distribusi minyak goreng melalui Sistem Informasi Minyak Goreng Curah (SIMIRAH).

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved