Berita Kalteng

Yulistra Ivo Kembali Pimpin Dekranasda Kalteng, Ekspor Barang Kerajinan Dongkrak Pertumbuhan Ekonomi

Yulistra Ivo Sugianto Sabran kembali menahkodai Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) masa bakti 2021-2024

Penulis: Ghorby Sugianto | Editor: Fathurahman
Tribunkalteng.com/ Ghorby Sugianto
Yulistra Ivo Sugianto Sabran saat resmi dilantik kembali nahkodai Dekransda Kalteng, Jumat (17/6/2022).  

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA - Yulistra Ivo Sugianto Sabran kembali menahkodai Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) masa bakti 2021-2024.

Dilantik oleh Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Wury Ma'ruf Amin. Berdasarakansurat Keputusan Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Nomor: 42/DEKRAN/SK/XII/2021 tanggal 03 Desember 2021 ditetapkan di Jakarta. 

Dekranasda Kalteng  turut menyumbang pertumbuhan ekonomi Kalteng. Pertumbuhan ekonomi Kalteng sebesar 7,52 persen, 80 persennya berasal dari ekspor kerajinan. 

"Berdasarkan data dari Bank Indonesia, peningkatan ekonomi di Bumi Tambun Bungai terus tumbuh sebesar 7,52 persen, dimana 80 persennya berasal dari ekspor kerajinan," kata Ivo, Jumat (17/6/2022).

Baca juga: Cuaca Panas Suhu Capai 52 Derajat Celcius, Jamaah Calon Haji Palangkaraya Diminta Jaga Kesehatan 

Baca juga: Keluarga Korban Emosi, Polresta Palangkaraya Reka Ulang Kasus Pembunuhan Bukit Pinang I

Baca juga: Dekranasda Pusat Souvenir Khas Kalteng, Jadi Tempat Pemasaran Kerajinan Tangan Pengrajin Lokal

Pihaknya akan mengoptimalkan pembinaan dan pelatihan para pengrajin yang ada di setiap kabupaten dan kota, guna meningkatkan pertumbuhan perekonomian daerah lebih lanjut. 

“Seperti apa yang disampaikan ibu Ketua Umum Dekranas Wury Ma'ruf Amin, agar produk-produk lokal kualitasnya lebih ditingkatkan sehingga bisa memiliki value atau nilai dan juga berdaya saing," jelasnya. 

Dekranasda Kalteng berkomitmen untuk turus melakukan pembinaan sampai ke daerah-daerah mulai dari mengidentifikasi potensi unggulan yang ada di daerah-daerah. 

"Indentifikasi sudah kita lakukan dari tahun lalu, identifikasi kita lakukan secara bertahap di 14 kabupaten dan kota mulai dari wilayah terdekat," tambah Ivo. 

Sementara itu, Ketua Umum Dekranas Wury Ma'ruf Amin berharap agar para pengurus Dekranasda Kalteng dapat memimpin serta menyatukan pemahaman dan langkah, guna memajukan dan mengembangkan sektor kerajinan

"Semoga kita juga selalu diberikan kesehatan dan kekuatan untuk terus membangun negeri ini melalui pelestarian dan pengembangan produk kerajinan berbasis sumber daya alam, tradisi serta warisan budaya bangsa Indonesia yang sama-sama kita banggakan," pungkasnya. (*)

 

Sumber: Tribun Kalteng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved