Berita Kalsel

Plang Khilafatul Muslimin di Desa Rumintin Dibongkar, Kapolres Tapin Minta Jangan Mudah Terprovokasi

Warga di Desa Rumintin, Kecamatan Tapin Selatan, Kabupaten Tapin membongkar plang bertuliskan Khilafatul Muslimin yang terpasang disalah satu rumah

Editor: Sri Mariati
banjarmasinpost.co.id/stanislaus Sene
Plang bertuliskan Khilafatul Muslimin saat dibongkar warga Desa Rumintin, Kecamatan Tapin Selatan, Kabupaten Tapin, Jumat (10/6/2022). 

TRIBUNKALTENG.COM, RANTAU – Sejumlah warga di Desa Rumintin, Kecamatan Tapin Selatan, Kabupaten Tapin membongkar plang bertuliskan Khilafatul Muslimin yang dipasang di depan rumah salah satu setempat.

Pembongkaran plang yang terpasang di muka Rumah AJ, warga Desa Rumintin, Kecamatan Tapin Selatan ini bertuliskan Khilafatul Muslimin Kemas'ulan Ansharullah Tapin menggunakan tinta warna hijau.

Menanggapi hal itu, Kapolres Tapin, AKBP Ernesto Saiser mengatakan penurunan plang tersebut dilakukan oleh beberapa warga Desa Rumintin.

"Warga merasa resah terkait keberadaan plang tersebut. Sehingga setelah melalui negosiasi akhirnya pemilik rumah setuju untuk diturunkan," jelasnya, Sabtu (11/6/2022).

Baca juga: 2 Desa di Kabupaten Tapin Kalsel Terima Sarana Air Bersih, PT Antang Gunung Meratus Cegah Stunting

Baca juga: Dua Hari Hilang Misterius Saat Bersihkan Kebun Karet, Kakek di Tapin Belum Diketahui Keberadaanya

Kapolres Tapin AKBP Ernesto mengimbau, kepada masyarakat agar tidak terprovokasi karena hakekatnya Kabupaten Tapin aman dan kondusif.

"Penurunan plang kemarin juga berlangsung dengan aman dan kondusif. Kami dari Polres berharap situasi dan kondisi ini agar tetap terpelihara dengan baik," harapnya.

Ernesto mengatakan, Polres akan terus melakukan monitoring agar tidak ada potensi gangguan harkamtibmas di wilayah Kabupaten Tapin.

"Yang kita jaga adalah tidak terjadinya gangguan terhadap harkamtibmas. Kita ingin kehidupan yang aman dan penuh kedamaian di tengah masyarakat," tegasnya.

Pemilik Rumah, AJ (Nama Samaran) saat dikonfirmasi mengatakan papan nama ini memang sudah ada kurang lebih satu tahun lalu dan belum pernah ada teguran.

"Belum pernah ada teguran terkait keberadaan papan nama ini. Meskipun memang sering ada aparat yang datang ke tempat saya untuk berdiskusi terkait apa itu Khilafatul Muslimin ini," ucapnya, Jumat (10/06/2022) kemarin.

Baca juga: Polres Tapin Amankan 37 Botol Miras Berbagai Merk saat Digelar Operasi Cipta Kondisi

AJ mengakui bahwa meskipun pimpinan Khilafatul Muslimin sudah ditangkap, tetapi porses hukum masih terus berjalan.

"Belum ada penetapan apakah pimpinan Khilafatul Muslimin ini bersalah atau tidak,"bebernya.

Ia mengatakan terkait keberadaan Khilafatul Muslimin ini memang belum banyak masyarakat tahu sehingga menimbulkan kesalahpahaman.

"Silakan, jika memang masyarakat ingin membongkar papan nama tersebut, tetapi ini sebetulnya ranah nya aparat karena negara kita negara hukum," pungkasnya. (*)

Artikel ini telah tayang di BanjarmasinPost.co.id dengan judul Kapolres Tapin Sikapi Pembongkaran Plang Khilafatul Muslimin di Desa Rumintin.

 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved