Berita Palangkaraya

Peringatan Hari Pancasila, Pemuda Pancasila Kalteng: Amalkan Nilai dalam Kehidupan Sehari-hari

Plt Ketua MPW Pemuda Kalteng Muhammad Syauqie, mengajak masyarakat untuk dapat menerapkan nilai-nilai pancasila disetiap kehidupan bersosial

Penulis: Ghorby Sugianto | Editor: Sri Mariati
Tribun Jogja
Ilustrasi Hari Lahir Pancasila 1 Juni. 

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA - Plt Ketua MPW Pemuda Pancasila Kalimantan Tengah (Kalteng) Muhammad Syauqie, mengajak masyarakat untuk dapat memperingati Hari Lahir Pancasila yang jatuh setiap 1 Juni, dengan cara mengamalkan nilai-nilai Pancasila.

Muhammad Syauqie menuturkan, bahwa Pancasila merupakan dasar negara yang memiliki nilai-nilai positif bagi masyarakat Indonesia.

Untuk itu, sangat penting mengamalkannya dalam keseharian dan bersosial.

“Mari kita amalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Sikap hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara yang mengamalkan nilai-nilai Pancasila akan menentukan kualitas warga negara,” ungkap Muhammad Syauqie, Rabu (1/6/2022).

Nilai Pancasila seperti merawat keberagaman dalam bingkai Pancasila, demokrasi, saling menghargai dan menghormati, menjunjung nilai kemanusian, persatuan bangsa, keadilan dan gotong royong.

Baca juga: Setiap 1 Juni Kalangan Muda Palangkaraya Ingat Pencanangan Kalteng Bumi Pancasila di Tugu Soekarno

Baca juga: Hasil Survei, Tidak Sampai 50 Persen Hafal Pancasila, Yang Paling Diingat Hanya Bunyi Sila Pertama

Dia juga membeberkan jika dalam memperingati Hari Lahir Pancasila, MPW Pemuda Pancasila Kalteng juga akan menggelar pendidikan dasar (diksar) bagi kader-kadernya.

Kegiatan itu akan dijadwalkan bakal digelar pada 7-9 Juni 2022 yang bekerja sama dengan Korem 102 Panju Panjung.

“Kegiatan ini akan difasilitasi oleh Korem 102 Panju Panjung melalui Batalyon 631 Raider Antang,” jelasnya.

Muhammad Syauqie menilai, Diksar tersebut merupakan momentum untuk menumbuhkan kesatuan dan persatuan dalam tubuh organisasi Pemuda Pancasila Kalteng.

Baca juga: Tokoh Muda Kapuas Tommy Saputra Apresiasi Srikandi dan Sapma Pemuda Pancasila

Sehingga, dia menaruh harapan kegiatan diksar akan membuahkan kader-kader yang dapat bermanfaat bagi masyarakat Kalteng.

“Kami sebagai organisasi pemuda bertekad untuk satu frekuensi dengan seluruh unsur untuk mewujudkan Kalteng Berkah. Junjung tinggi sebagai ideologi negara dan falsafah hidup berbangsa dan masyarakat,” pungkasnya. (*)

Sumber: Tribun Kalteng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved