Berita Kalsel

Dinsos Tabalong Siagakan Dapur Umum Korban Banjir, Komunikasi Dengan Lembaga Terkait Diintesifkan

Kesiapsiagaan ditunjukkan oleh Dinas Sosial Kabupaten Tabalong menghadapi luapan air Sungai yang merendam sejumlah permukiman warga.

Editor: Fathurahman
banjarmasinpost.co.id/dony usman
Lokasi banjir di Kompleks CPI Kelurahan Mabuun, Kabupaten Tabalong, Kamis (26/5/2022).Tampak, Perahu karet diturunkan BPBD Tabalong di Lokasi Banjir. 

TRIBUNKALTENG.COM, TANJUNG-Kesiapsiagaan ditunjukkan oleh Dinas Sosial Kabupaten Tabalong menghadapi luapan air Sungai yang merendam halaman dan permukiman warga.

Meskipun sudah ada beberapa desa yang sebelumnya terendam dan saat ini mulai surut, namun luapan air sungai melebar ke desa lainnya.

Kondisi inilah yang kemudian disikapi oleh Dinas Sosial Tabalong untuk menyiagakan dapur umum untuk korban banjir.

Menjaga agar warga yang bermukim dikawasan rawan banjir bisa tetap mendapatkan makanan, Dinsos kemudian menyiagakan bahan makanan untuk penyediaan dapur umum untuk warga terdampak.

Curah hujan tinggi yang menyebabkan beberapa lokasi sempat terdampak banjir dan masih kebanjiran, membuat jajaran Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Tabalong, siaga untuk mendirikan dapur umum.

Baca juga: Bersepeda Cari Obat Untuk Anaknya, Pria Asal Kalsel Ini Tutupi Jalan Berlubang di Palangkaraya

Baca juga: Bupati Kapuas Ben Brahim Membuka Secara Resmi MTQ Ke-45 Tingkat Kabupaten

Baca juga: Wakil Bupati Kapuas HM Nafiah Ibnor Hadiri Pembukaan KSAN 2022 Melalui Virtual

Ini disampaikan Kepala Dinsos Tabalong, Abu Bakar S, yang ditemui di sela-sela kegiatan pemantapan Tagana Muda Kabupaten Tabalong di Wisma Tamu Bersinar, Jumat (27/5/2022).

Menurutnya, sejak terjadi banjir kemarin pihaknya terus melakukan komunikasi dengan pihak desa, kecamatan, tagana, fasilitator dan TKSK, untuk bisa mendapatkan laporan agar bisa mengambil langkah terkait adanya bencana banjir.

"Kemarin kami ada membuka dapur umum di rumah singgah, itu ada beberapa tempat yang kami salurkan," katanya.

Di antaranya untuk warga yang terdampak banjir di Kompleks Citra Persada Indah (CPI) dan Kompleks Swadarma Lestari, Kelurahan Mabuun, Kecamatan Murung Pudak.

Kemudian juga ada melakukan komunikasi dengan Camat Haruai dan Sekdes, terkait banjir di Desa Wirang, namun karena kondisinya sudah normal sehingga layanan dapur umum tidak jadi dilakukan.

Ditegaskannya, dalam memberikan bantuan makanan bagi warga terdampak banjir pihaknya tidak lagi harus menunggu banjirnya terjadi hingga 1x24 jam.

Tetapi sekarang apabila ada banjir dinsos akan siap menyuplai makanan. Walaupun banjirnya sudah turun sebelum 1x24 jam, paling tidak adanya suplai makanan ini bisa membantu warga yang bekerja membersihkan sisa banjir.

"Jadi ini yang coba kita bangun, kalau dulu kita berikan makanan setelah banjir 1x24 jam, sekarang tidak. Kalau dua tiga jam kita lihat layak, ya udah kita berikan agar masyarakat kita jangan sampai ada yang tidak makan pada saat bencana," ujarnya.

Sementara untuk kondisi hari ini, hingga pagi pihaknya masih menunggu laporan. Apabila ada laporan dari pihak kecamatan maupun tagana untuk menyalurkan bantuan makanan maka akan segera dilakukan.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved