Berita Kalteng

Peringati HUT Ke-65 Kalteng, Gubernur Sampaikan Capaian Prestasi, Bangun Universitas di DAS Barito

Gubernur Kalteng, Sugianto Sabran menyampaikan capaian prestasi dan sejumlah penghargaan dari pemerintah pusat bagi Kalteng yang telah ditorehkanya

Penulis: Ghorby Sugianto | Editor: Sri Mariati
Tribunkalteng.com/Ghorby Sugianto
Gubernur Kalimantan Tengah, Sugianto Sabran saat memberikan piagam penghargaan dan bantuan kepada atlet berprestasi saat memperingati HUT ke-65 Provinsi Kalimantan Tengah di Lapangan Kantor Gubernur, Senin (23/5/2022). 

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA - Hari ini Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) memperingati HUT ke-65 tahun setelah resmi dibentuk tanggal 23 Mei 1957.

Dalam Pidatonya Gubernur Kalteng, Sugianto Sabran menyampaikan capaian prestasi yang telah ditorehkanya.

Diantaranya 8 kali Berturut-turut mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Kalteng.

Selanjutnya, Kalteng meraih Terbaik 1 Kategori Kinerja Pengelolaan DAK Fisik 2021, dari seluruh Provinsi se-Indonesia oleh Kementerian Keuangan Republik Indonesia.

Urutan ke 5 besar Nasional, sebagai Daerah Berkinerja Terbaik Penerapan Standar Pelayanan Minimal (SPM) Daerah 2021 pada 2022, oleh Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia. Untuk Wilayah Kalimantan, Provinsi Kalteng peringkat 1.

Baca juga: Pemprov Kalteng Raih WTP Kali Ke-8, Gubernur Sugianto Perintahkan Temuan BPK Segera Ditindaklanjuti

Baca juga: Kepala Bapenda dan Kepala BKD Kalteng Jabat Pj Bupati Kobar dan Pj Bupati Barsel Sampai 2024

Selain itu, pertumbuhan ekonomi Provinsi Kalteng meningkat dibanding tahun sebelumnya sebesar 3,40 persen.

Dimana pertumbuhan ekonomi Kalteng pada triwulan l 2022 berada di angka 7,32 persen year on year (tahun ke tahun).

Serta Index Pembangunan Manusia (IPM) Kalteng menunjukkan angka 71,25 persen. Oleh karena itu, untuk mewujudkan SDM unggul, Sugianto Sabran juga berkoordinasi dengan Bupati di DAS Barito untuk membuat Universitas disana.

"Saya sampaikan kepada Bupati di DAS Barito menyiapkan lahan yang besar untuk pembangunan Universitas di sana. Nanti namanya terserah Bupati," jelas Sugianto Sabran, Senin (23/5/2022).

Pihaknya akan menyiapkan anggaran dan desainnya. Hal itu ditujukan agar SDM Kalteng tidak lagi repot-repot menimba ilmu di luar daerah kembali, karena memiliki sarana dan prasarana pendidikan yang mumpuni.

Baca juga: Festival Budaya Isen Mulang 2022, 9 Kabupaten dan Kota di Kalteng Meriahkan Lomba Besei Kambe

Halaman
12
Sumber: Tribun Kalteng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved