Berita Palangkaraya

Sebagian Umat Buddha Palangkaraya Rayakan Waisak 2022 di Candi Borobudur

Perayaan Waisak 2022 di Kota Cantik Palangkaraya, Kalimantan Tengah (Kalteng) tidak seperti 2 tahun lalu, saat ini antusias umat lebih tinggi

Penulis: Ghorby Sugianto | Editor: Sri Mariati
Tribunkalteng.com/Ghorby Sugianto
Robi bersama keluarganya melakukan ibadah saat perayaan Waisak di Vihara Avalokitesvera, Palangkaraya, Senin (16/5/2022). 

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA - Perayaan Waisak 2022 di Kota Cantik Palangkaraya, Kalimantan Tengah (Kalteng) tidak seperti 2 tahun lalu, saat ini antusias umat lebih tinggi.

Detik-detik Waisak 2022 dirayakan langsung oleh sebagian Umat Buddha, terpusat di Candi Borobudur, Jawa Tengah. Sebagiannya lagi di Vihara Yatha Bhutam Theravada.

"Sebagian Umat Buddha di Palangkaraya merayakan di Candi Borobudur, sebagian di Vihara Yatha Bhutam Theravada," kata pemimpin harian Puja Bakti Vihara Avalokitesvera, Waskito, Senin (16/5/2022).

Umat Buddha yang merayakan Waisak di Candi Borobudur langsung merupakan dari Kementerian Agama, lembaga dan pribadi berjumlah 4 kloter.

Untuk perayaan di Vihara Avalokitesvera, dia menuturkan, akan dilaksanakan tanggal 19 Mei 2022 mendatang dengan sejumlah rangkaian kebaktian.

Baca juga: Bangunan Bansaw Kayu di Pahandut Seberang Palangkaraya Terbakar, Api Diduga Akibat Korsleting Mesin

Baca juga: Aksi Pencurian Kotak Amal Kosong Masjid Ar-Robbani di Palangkaraya Terekam CCTV

Tema Nasional Waisak 2022 mengusung Moderasi Untuk Indonesia Bahagia. Waksito berharap jika berkah semakin melimpah meskipun pandemi belum usai.

Selain itu perdamaian tanpa permusuhan dan kebencian hedaknya dijunjung tinggi dalam bingkai kesatuan umat beragama, khususnya di Kota Cantik ini.

Pria yang juga guru agama Buddha di SDN Langkai ini menilai jika perayaan Waisak 2022 kentara perbedaannya dengan 2 tahun lalu saat pandemi Cobid-19.

"Kentara sekali perbedaannya dari 2 tahun lalu. Umat Buddha sudah diperbolehkan ibadah di Vihara saat Waisak 2022 ini, membuat antusias umat tinggi sekali," jelas Waskito.

Baca juga: Saudara Lelaki Mahyuddin Sebut Sebelum ‘Ngamar’ Korban Terlebih Dulu Minum Obat Kuat

Sementara itu, Robi salah satu umat yang melakukan peribadatan saat Waisak 2022 ini berharap akan pandemi cepat usai, sehingga perayaan umat keagamaan dapat berlangsung normal dan tempat ibadah ramai kembali.

"Saya dengan keluarga, istri, anak, dan orang tua. Seperti biasa tahun-tahun lalu melakukan ibadah saat Waisak 2022 di Vihara Avalokitesvera," pungkas Robi. (*)

Sumber: Tribun Kalteng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved