Thomas & Uber Cup 2022

Hasil Badminton Final Uber Cup 2022 : Sim Yu-jin Penentu, Korsel Juara Menang Dramatis atas China

Hasil turnamen badminton final Uber Cup 2022 hari ini, Sabtu (14/5/2022) menempatkan Korea Selatan sebagai juara mengalahkan China

Editor: Rahmadhani
Hasil Badminton Final Uber Cup 2022 : Sim Yu-jin Penentu, Korsel Juara Menang Dramatis atas China
ERIKA SAWAUCHI/BADMINTON PHOTO via Bolasport
Pebulu tangkis tunggal putri, Sim Yi-jin, bereaksi setelah memastikan kemenangan Korea Selatan atas China, 3-2 pada final Uber Cup 2022 di Impact Arena, Bangkok, Thailand, Sabtu (14/5/2022)

TRIBUNKALTENG.COM - Hasil turnamen badminton final Uber Cup 2022 hari ini, Sabtu (14/5/2022) menempatkan Korea Selatan sebagai juara setelah mengalahkan China.

Bertanding di Impact Arena, Bangkok, Thailand, Korea Selatan mengalahkan China dengan skor 3-2.

Bagi Korea Selatan, ini merupakan gelar kedua pada Uber Cup setelah sebelumnya meraih titel pada 2010 saat digelar di Kuala Lumpur, Malaysia.

Saat itu, skuad Negeri Ginseng mengalahkan China, dengan skor 3-1. Hasil ini juga membuat China gagal mempertahankan gelar pada Uber Cup 2022.

Dalam lima penyelenggaraan Uber Cup terakhir, China menjadi juara pada 2012, 2014, dan 2016 atau secara tiga kali beruntun.

Trofi Uber Cup sempat lepas dari genggaman China pada 2018 karena dibawa pulang Jepang. Namun, China kembali merebutnya pada Uber Cup 2020 saat berlangsung di Aarhus, Denmark, tahun lalu.

Baca juga: Jadwal Main Final Badminton Thomas Cup Indonesia vs India Live MNC & INews TV, Perjalanan Jojo cs

Namun secara keseluruhan, China menjadi negara yang paling sukses dalam penyelenggaraan Uber Cup dengan mengoleksi 15 kemenangan.

Final Uber Cup 2022 diawali dengan dramatis saat tunggal putra Korea Selatan, An Se-young, kalah dari Chen Yu Fei melalui rubber game.

An yang sempat unggul 20-17 pada gim penentuan, berakhir ditikung Chen hingga memaksa terjadinya adu setting. Secara rekor pertemuan, An memang kalah 0-6 dari peraih medali emas Olimpiade Tokyo 2020.

Akan tetapi, semangat juang An dan Chen selama berlaga patut mendapat apresiasi. An dan Chen bahkan sempat terganggu dengan cedera dalam laga berdurasi 91 menit tersebut.

Chen mengalami cedera harmstring, sementara An mengalami kram pada kakinya sehingga sempat mendapat perawatan di sela pertandingan.

Setelah laga selesai, Chen dan An terbaring di lapangan. Chen bahkan sempat dibantu pelatihnya untuk berjalan setelah memberi poin pembuka bagi China.

Laga dilanjutkan dengan pertemuan antara Lee So-hee/Shin Seung-chan yang berhasil menaklukkan ganda putri nomor satu dunia, Chen Qing Chen/Jia Yi Fan dalam 78 menit.

Ini merupakan laga ideal karena mempertemukan ganda putra nomor satu dan dua dunia. Namun, ini merupakan kemenangan penting karena dalam lima pertemuan sebelumnya, Lee/Shin selalu kalah dari Chen/Jia. Skor menjadi imbang 1-1 antara kedua negara.

Halaman
12
Sumber: BolaSport.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved