Festival Isen Mulang 2022

Festival Budaya Isen Mulang dan Kalteng Expo Meriahkan Hari Jadi Ke-65 Kalteng, Logo HUT Diluncurkan

Tanggal 23 Mei 2022 adalah Hari Jadi Ke-65 Kalteng (Kalimantan Tengah), sejumlah acara akan digelar untuk menyemarakannya

Penulis: Ghorby Sugianto | Editor: Dwi Sudarlan
istimewa
Tradisi Mangenta turun temurun dari leluhur masyarakat Kalteng yang patut dilestarikan. Tradisi ini akan dilombakan dalam Festival Budaya Isen Mulang 2022 sebagai rangkaian acara Hari Jadi Ke-65 Kalteng. 

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA - Tanggal 23 Mei 2022 adalah Hari Jadi Ke-65 Kalteng (Kalimantan Tengah), sejumlah acara akan digelar untuk menyemarakannya.

Perayaan Hari Jadi Ke-65 Kalteng akan kembali digelar setelah 2 tahun vakum karena pandemi Covid-19.

Nantinya, digelar kembali Festival Budaya Isen Mulang 2022, Kalteng Expo dan tentu saja upacara memperingati Hari Jadi Ke-65 Kalteng

Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah memastikan seluruh rangkaian dalam rangka peringatan Hari Jadi ke-65 Kalimantan Tengah akan dilaksanakan. 

Baca juga: 2.000 Orang Meriahkan Festival Isen Mulang Kalteng, Lomba Mangenta Bakal Dicatatkan Dalam MURI

"Semua kita laksanakan termasuk Festival Budaya Isen Mulang yang dua tahun terakhir tidak kita laksanakan, ini kita laksanakan lagi. Kemudian hari puncaknya tanggal 23 Mei 2022  juga kita laksanakan semeriah mungkin. Kita laksanakan Kalteng Expo. Kita ingin sampaikan kepada semua masyarakat Kalteng ini hasil-hasil pembangunan yang sudah dilaksanakan di Provinsi Kalimantan Tengah," ujar Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kalteng, Katma F Dirun  

Festival Budaya Isen Mulang dan Kalteng Expo, menurut Katma F Dirun, bisa diselenggarakan karena provinsi ini berstatus PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) Level 1.

Adapun rangkaian awal perayaan Hari Jadi Ke-65 Kalteng, juga diluncurkan logo HUT.

Adapun tema Hari Jadi Ke-65 Kalteng adalah "SDM Bangkit, Kalteng BerAKHLAK penuh dengan Keberkahan". 

Logo Hari Jadi Ke-65 Kalteng dan maknanya.
Logo Hari Jadi Ke-65 Kalteng dan maknanya. (mmc.kalteng.go.id)

Hari Jadi Provinsi Kalimantan Tengah diperingati setiap tanggal 23 Mei, sesuai dengan diterbitkannya Undang-Undang Darurat Nomor 10 Tahun 1957 tentang Pembentukan Daerah Swatantra Provinsi Kalimantan Tengah pada tanggal 23 Mei 1957.

Sementara mengenai penyelenggaraan Festival Budaya Isen Mulang 2022 sebagai rangkaian kegiatan Hari Jadi Ke-65 Kalteng akan dibahas dalam podcast Ruang Tamu Tribun Kalteng, Jumat (13/5/2022) pukul 16.00 WIB yang tayang secara live atau langsung di akun Youtube dan Facebook Tribun Kalteng. 

Narasumber dalam program podcast Ruang Tamu Tribun Kalteng adalah Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata Kalteng, Adiah Chandra Sari.

Podcast Ruang Tamu Tribun Kalteng yang akan membahas pelaksanaan Festival Budaya Isen Mulang 2022 yang menjadi salah satu acara perayaan Hari Jadi Ke-65 Kalteng.
Podcast Ruang Tamu Tribun Kalteng yang akan membahas pelaksanaan Festival Budaya Isen Mulang 2022 yang menjadi salah satu acara perayaan Hari Jadi Ke-65 Kalteng. (Tribun Kalteng)

 (*)

 

Sumber: Tribun Kalteng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved