Berita Pulang Pisau

Komisariat Cabang Pemuda Katolik Pulang Pisau Dibentuk, Pemkab Sambut Baik dan Berikan Anggaran

Program ini disambut baik oleh Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau dengan adanya bantuan anggaran untuk merealisasikan beberapa kegiatan.

Editor: Fathurahman
foto Deddy Hernawan untuk Tribunkalteng.com
Pemuda Katolik Komisariat Cabang Pulau Pisau. 

TRIBUNKALTENG.COM, PULANG PISAU - Komisariat Cabang Pemuda Katolik Pulang Pisau resmi dibentuk. Semenjak pembentukannya, pengurus telah merumuskan program kerja yang berorientasi pada penguatan basis, pengkaderan, dan peningkatan ekonomi skala rumah tangga.

Program ini disambut baik oleh Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau dengan adanya bantuan anggaran untuk merealisasikan beberapa kegiatan, Minggu, (08/05/2022).

Pemuda Katolik Komisariat Cabang Pulang Pisau, Deddy Hernawan mengatakan pada 2022 ini, pihaknya menargetkan Pembentukan Komisariat Anak Cabang pada enam Kecamatan.

"Diantaranya dengan mengadakan diskusi publik sekaligus Rakercab; dan pembentukan unit usaha peternakan ayam serta pembibitan babi yang bersertifikasi," jelasnya.

Baca juga: Pencarian Korban Hilang Sungai Kahayan, Tim Gabungan Menyisir Hingga ke Lokasi Wisata Rawa Rofi

Baca juga: Minimarket Alfamart Kilometer 14,4 Gambut Miring, Pemeriksaan Polisi Lantai Tengah Bangunan Ambles

Baca juga: Tersangka Illegal Mining Kaltara, Oknum Polisi Tajir Briptu HSB Aktif di Organisasi Kemasyarakatan

Deddy mengatakan untuk merealisasikan unit usaha ayam potong dan pembibitan babi, survey lokasi unit usaha tersebut sudah dilakukan sejak akhir tahun lalu. 

"Survey tersebut memberikan hasil bahwa lokasi potensial untuk peternakan ayam berada di Kecamatan Kahayan Tengah. Sementara untuk pembibitan babi di Desa Lawang Uru, Kecamatan Banama Tingang," lanjutnya.

Deddy menyampaikan, dengan survey lokasi unit usaha dilakukan, juga dilaksanakan penjajakan untuk pembentukan Komisariat Anak Cabang. 

"Kabupaten Pulang Pisau dilayani oleh dua  Paroki yaitu Paroki St. Gabriel Possenti Pulang Pisau dan Paroki Yesus Gembala Baik, Palangkaraya," lanjutnya.

Ia mengatakan dengan karakteristik umat yang tersebar hampir merata di seluruh pelosok Kabupaten dan memperhatikan jarak dari ibukota kabupaten ke lokasi unit usaha terbilang jauh, maka untuk efisien bila ada Komisariat Anak Cabang yang dapat membantu dalam pengelolaan dan pendampingan unit usaha yang ada. 

Setelah melalui beberapa kali pertemuan dan dengan dukungan umat stasi Petuk Liti dan stasi Lawang Uru, Komisariat Cabang Pulang Pisau mengadakan Masa Penerimaan Anggota (Mapenta).

"Kegiatan Mapenta tersebut dilanjutkan dengan pembentukan Komisariat Anak Cabang. Dalam musyawarah tersebut kemudian dipilih dan ditetapkan Ketua untuk Komisariat Anak Cabang Kahayan Tengah dan Komisariat Anak Cabang Banama Tingang," ungkapnya.

Ia mengatakan hasil musyawarah komisariat anak cabang menetapkan Sri Dahlia, anggota Badan Perwakilan Desa Petuk Liti, dipercayai sebagai Ketua Komisariat Anak Cabang Kahayan Tengah. 

"Sedangkan untuk Komisariat Anak Cabang Banama Tingang, dipercayakan kepada Saudari Vivin Devita, seorang Kepala Sekolah di tempat beliau mengajar sehari-hari. Mereka berdua diberikan waktu tujuh hari untuk mengonsolidasi anggotanya dan mengusulkan struktur kepengurusan Anak Cabang," ungkapnya. (*)


 

Sumber: Tribun Kalteng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved