Lebaran 2022

Hari Raya Idul Fitri di Singapura Beda Indonesia, Negara-negara ini Berlebaran Selasa 3 Mei 2022

Negara tetangga, Singapura ternyata berlebaran atau merayakan Idul Fitri 2022 berbeda dengan Indonesia

Editor: Dwi Sudarlan
kompas.com
Ilustrasi Patung Merlion ikon Singapura, berbeda dengan Indonesia, negara ini baru merayakan Idul Fitri 2022 pada Selasa 3 Mei 2022. 

TRIBUNKALTENG.COM - Negara tetangga, Singapura ternyata berlebaran atau merayakan Idul Fitri 2022 berbeda dengan Indonesia.

Kedua negara jiran itu baru menggelar Lebaran 2022 pada hari ini, Selasa (3/5/2022), sementara sobat muslim Indonesia sudah merayakan Hari Kemenangan itu, Senin (2/5/2022) kemarin.

Dilansir The Straits Times, meski negara tetangga seperti Indonesia, Malaysia, dan Brunei merayakan Idul Fitri pada Senin (2/5/2022), Singapura baru merayakan lebaran pada hari ini.

Pemimpin Majelis Agama Islam Singapura (MUIS) Nazirudin Mohd Nasir sebelumnya mengumumkan kapan jatuhnya hari lebaran pada Minggu malam.

Baca juga: Amalan Setelah Sholat Idul Ftri Selain Puasa Syawal, Dari Iktikaf hingga Menikah, Ini Penjelasannya

Baca juga: Kapan Puasa Syawal? Usai Idul Fitri 2022, Puasa 6 Hari Pahala Setara Setahun, Begini Tata Caranya

Baca juga: Balas Dendam Saat Idul Fitri, Begini Cara Mengatas Hipertensi, Asam Urat dan Gula Darah Tinggi

Ia juga menjelaskan mengapa hari raya di Singapura berbeda dengan negara tetangganya.

Mohd Nasir menyebut perbedaan terjadi sebab menurut perhitungan astronomis, hilal pada bulan Syawal setelah Ramadhan tidak muncul pada sore hari setelah terbenamnya matahari pada hari Minggu.

Bulan sabit - yang secara tradisional menandai awal bulan baru - juga tidak terlihat.

Dalam keterangannya, Senin pagi, Kantor Mufti menjelaskan bahwa di Singapura, adanya perbedaan pada awal Hijriah atau penanggalan Islam sangat sering terjadi di masa lalu, dan mungkin terjadi lagi di masa depan.

Dengan demikian, pada tahun 2022, tidak semua negara di dunia, termasuk negara mayoritas Islam, merayakan Ramadhan dan Idul Fitri di tanggal yang sama.

"Memang bulan sabit juga belum terlihat di beberapa negara lain, akibatnya mereka akan merayakan Idul Fitri pada Selasa 3 Mei 2022, seperti Singapura," kata pernyataan itu.

Bangladesh, India dan Pakistan termasuk di antara negara-negara yang merayakan lebaran pada hari Selasa.

"Selama kita berpegang teguh pada prinsip-prinsip iman kita dan bimbingan Nabi Muhammad, perbedaan penentuan kalender Islam adalah sesuatu yang sudah diduga dan bukan sesuatu yang mengkhawatirkan."

Kantor Mufti menjelaskan bahwa umat Islam diajarkan bahwa jika bulan samar-samar atau kabur, mereka menganggap Ramadhan memiliki 30 hari.

Menurut penanggalan Islam, beberapa bulan bisa berlangsung 29 hari dan yang lain 30 hari.

Halaman
12
Sumber: Tribun Sumsel
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved