Ramadhan 2022

Masyarakat Banyak Menyalurkan Zakat Fitrah di Masjid Raya Darussalam Palangkaraya

Zakat fitrah di Masjid Raya Darussalam Kota Palangkaraya, saat ini lebih banyak masyarakat yang menyalurkan daripada tahun kemarin

Penulis: Ghorby Sugianto | Editor: Sri Mariati
Tribunkalteng.com/Ghorby Sugianto
Marbot Masjid Raya Darussalam, Beri Trima saat menerima saluran zakat fitrah dari seorang jamaah, Sabtu (30/4/2022) 

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA - Zakat fitrah di Masjid Raya Darussalam Kota Palangkaraya, saat ini lebih banyak masyarakat yang menyalurkan daripada tahun kemarin.

Hal itu disampaikan oleh Sekretariat Masjid Raya Darussalam, Taufik Rahman dan Marbot Masjid, Beri Frima kepada Tribunkalteng.com, Sabtu (30/4/2022).

"Lebih banyak tahun ini daripada tahun kemarin. Kalau tahun kemarin kan banyaknya saat malam Idul Fitri. Ini sejak dibuka sudah banyak yang datang," kata Beri Frima.

Zakat Fitrah tahun ini takarannya sebesar 2,8 kilogram setiap orangya. Jika diuangkan, pihak Masjid Raya Darussalam menjelaskan ada berbagai macam pilihan kualitas beras.

Dari kualitas bawah Rp 30 ribu per kilogram, kualitas sedang Rp 40 ribu per kilogram dan kualitas tinggi Rp 50 ribu per kilogramnya.

Dibuka sejak hari Senin kemarin (25/4/2022), sedangkan untuk jadwal pelayanan penerimaan dari pukul 08.00-11.00 WIB, 12.30-17.00 dan 18.00-21.00 WIB.

Baca juga: Hukum Membayar Zakat Fitrah dengan Uang, Ini Penjelasan Buya Yahya yang Sesuai Mazhab

Baca juga: Kemenag Kapuas Tetapkan Nilai Zakat Fitrah Pada Ramadhan 1443 Hijriah

Baca juga: Bayar Zakat Fitrah Sebelum Shalat Idul Fitri 2021, Berikut 5 Platform Online Pilihan

Data para mustahik zakat fitrah sementara ini sudah didata sekitar 300 kupon di daerah lingkungan Masjid Jalan G Obos, akan disalurkan pada malam menjelang 1 syahwal 1444 hijiriah.

"Untuk kupon nya saat ini ada 300, dari data Mustahik di lingkungan G Obos, Mudah-mudahan tersalurkan semua," kata Taufik Rahman.

Menurutnya jika Idul Fitri 2022 ditetapkan tanggal 2 Mei 2022 ini, zakat fitrah akan dibagikan saat malam sebelumnya pukul 21.00 WIB.

"2 tahun lalu saat Covid-19 kami yang mengantarkan ke rumah-rumah, tahun ini penerima zakat fitrah datang ke Masjid. Supaya mereka mengakrabkan dengan Masjid," bener Taufik Rahman.

Rizal salah seorang yang menyalurkan zakat fitrah hari ini mengungkapkan jika dia memilih menguangkan zakat fitrah untuk dibelikan beras.

"Diuangkan untuk 2 orang. Sebesar Rp 100 ribu. Satu orangnya Rp 50 ribu. Karena saya memilih kualitas tinggi," jelas Rizal.

Dia berharap agar zakat fitrah dapat disalurkan di orang yang tepat dan tidak dikurangi jumlahnya berasnya. (*)

Sumber: Tribun Kalteng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved