Berita Kalsel

Sempat di Kalteng 13 Tahun & Netap di Indonesia 34 Tahun Warga Thailand Diamankan Imigrasi Batulicin

Kurang lebih 34 tahun WNA asal Thailand tinggal di Indonesia berbaur hingga lancar berbahasa Indonesia diamankan jajaran Kantor Imigrasi Batulicin

Editor: Sri Mariati
banjarmasinpost.co.id/man hidayat
WNA Thailand saat diberikan arahan Kadiv Imigrasi dan Kanim Batulicin. 

TRIBUNKALTENG.COM, BATULICIN – Kurang lebih 34 tahun WNA asal Thailand tinggal di Indonesia berbaur dengan masyarakat, hingga lancar berbahasa Indonesia diamankan jajaran Kantor Imigrasi Kelas II TPI Batulicin.

Ini terungkap saat unit Inteldakim Imigrasi Batulicin, mendapati pria sebagai warga asing tersebut.

Bahkan tidak ada yang mengira pria yang mengaku berumur 60 tahun itu adalah warga asing.

Dia berpindah-pindah tempat, sejak datang pada tahun 1988 ke Indonesia tepatnya di Pulau Sumatera menumpang tongkang pengangkut kayu tanpa dokumen.

Hal itu diungkapkan Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Batulicin, I Gusti Bagus M Iberahim bersama Kepala Divisi Imigrasi Kemenkumham Wilayah Kalimantan Selatan, Junita S, dan Kanit Inteldakim Batulicin Alim Nurdin saat jumpa pers, Kamis (21/4/2022).

Baca juga: 2 WNA Malaysia Diamankan Imigrasi Nunukan di Pelabuhan Tunon Taka, Mau Ketemu Anak Istri di Parepare

"Saat itu bersama dengan beberapa temannya yang memilik ke kota dan dia tinggal sendiri. Pada saat itu, teman-temannya ditangkap dan si Anan Vongsuan memilih tinggal di hutan," sebutnya.

Anan Vingsuwan sempat ikut di kapal ikan dan ditahan jajaran Polairud di Sumatera hingga dipenjara selama 2,5 tahun di daerah Sungai Liat Bangka Belitung.

"Usai bebas, ternyata dia bingung karena dilepas begitu saja. Karena ingin hidup cari makan, maka dia mencari pekerjaan bantu-bantu warga hingga bekerja di sawit selama 13 tahun di bawah mandor di Kalimantan Tengah (Kalteng)," urainya.

Kehidupannya berpindah-pindah lagi hingga ke Kalimantan Selatan dan menetap di Angsana.

Baca juga: Pengawasan Diperketat Krayan Menjadi Pintu Masuk WNA dan WNI Ilegal di Nunukan Kaltara

Baca juga: Mencuri 1.270 Kilogram Buah Sawit, Buruh Panen PT WNA Kotim Ini Ditangkap Polisi

Warga tidak mengetahui bahwa yang bersangkutan adalah warga asing asal Thailand, karena begitu lancarnya berbahasa Indonesia.

"Jadi saat berada di Angsana dirawat di Puskesmas Angsana yang diduga warga asing dan sempat tidak mengaku. Setelah dipancing, akhirnya dipanggil ke Kantor Imigrasi dan mengaku memang asal Thailand," katanya.

Ditambahkan Kepala Divisi Imigrasi Kemenkumham Kalsel, Junita, deteni ini dikenakan tindakan administratif Keimigrasian seauai dengan pasal 75 ayat 1 karena tidak menaati peraturan perundang-udangan.

"Ini sudah melanggar dan pria ini akan dideportasi ke negaranya. Kami sedang berkoordinasi namun sebelum deportasi akan ditempatkan di Rumah Detensi Imigrasi di Balikpapan karena yang terdekat cuma di sana, "katanya.

Anan akan dideportasi pada Jumat besok melalui bandara Syamsudin Noor ke Balikpapan. (*)

Artikel ini telah tayang di BanjarmasinPost.co.id dengan judul 34 Tahun Menetap di Indonesia Tanpa Dokumen, Warga Thailand Diamankan Kantor Imigrasi Batulicin, -

 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved