Liga 1 2022

Masalah Persipura Tak Cuma Gugat Barito Putera & Persib, Sanksi Komdis PSSI Juga Ancam Rumakiek

Ketidakhadiran Ramai Rumakiek di skuad timnas U-23 Indonesia untuk SEA Games 2021 berbuntut panjang. Persipura juga tengah gugat Persib dan Barito.

Editor: Nia Kurniawan
do. affsuzukicup.com via Kompas. Com
Coach Shin Tae-yong ketika memberikan arahan kepada Ramai Rumakiek si bintang Persipura Jayapura. 

TRIBUNKALTENG.COM - Persipura Jayapura pasca degradasi ke Liga 2 2022 dari Liga 1 2021 berlanjut. Laga Persib vs Barito Putera dan David da Silva Resmi digugat. Kini muncul persoalan lainnya, gegara Ramai Rumakiek.

Terpantau Tribunkalteng.com dari laman resmi Pengadilan Negeri Jakarta Pusat resmi telah tercatat di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat atas dugaan sepak bola gajah.

Nah, gugatan tersebut didaftarkan dengan nomor 211/Pdt.G/2022/PN Jkt.Pst sejak 14 April. Hingga Senin (18/4) status perkara tersebut adalah penunjukan jurusita.

Para penggugatnya adalah empat orang, yaitu Emilianus Tikuk, Yan Piet Sada, Yulianus Dwaa, dan Paul Finsen Mayor.

Baca juga: Posisi Degradasi Persipura Diminta Dibatalkan, Persib vs Barito Putera dan David da Silva Digugat

Bahkan turut tergugat sponsor Liga 1 2021/2022, Bank Rakyat Indonesia (BRI).

Dari gugatan tersebut agar membatalkan hasil pertandingan Liga 1 Persib vs Barito Putera atau setidak-tidaknya digelar pertandingan ulang dan disaksikan penonton secara offline.

Lalu penggugat meminta majelis hakim menetapkan pertandingan Persib kontra Barito Putera sebagai memainkan sepak bola gajah.

Lalu menyatakan Persipura batal degradasi dan tetap sebagai kontestan Liga 1 2022/2023. Selain itu juga meminta pemain Persib David da Silva dilarang bermain di Indonesia.

Mengacu laman resmi Pengadilan Negeri Jakarta Pusat yang diakses pada Senin (18/4), belum ditetapkan siapa hakim yang akan memimpin sidang perkara, berikut hakim anggota.

Mengenai informasi ini sementara belum ada keterangan lebih lanjut yang didapat Tribunkalteng.com dari Persipura, PSSI, Persib, Barito Putera, dan PT Liga Indonesia Baru (LIB).

Selengkapnya, ini petitum gugatan dugaan sepak bola gajah terhadap PSSI, Persib Bandung, Barito Putera dan David Da Silva:

1. Mengabulkan gugatan Penggugat untuk seluruhnya;
2. Membatalkan Hasil Pertandingan Tergugat II (PERSIB) VS Tergugat III (BARITO PUTRA) atau setidak tidaknya digelar pertandingan ulang dan disaksikan penonton secara offline;
3. Menyatakan Pertandingan antara Persib dan Barito Putra adalah memainkan sepak bola gajah yang melanggar prinsip fair play dan merupakan Perbuatan Melawan Hukum yang sangat merugikan Para Penggugat;
4. Menyatakan Club kebanggaan Para Penggugat Persipura Jayapura Batal Degradasi dan Tetap sebagai Peserta Liga 1;
5. Melarang Pemain Persib Bandung Tergugat IV atas nama "DA SILVA" untuk bermain dalam Kompetisi sepak bola di seluruh Indonesia.
6. Menghukum Para Tergugat, karena salahnya untuk membayar ganti kerugian kepada Para Penggugat dengan perincian sebagai berikut;

Kerugian Materiil
Kerugian karena mengeluarkan biaya biaya untuk pendaftaran perkara di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat menghadiri persidangan, menghadirkan saksi-saksi, membayar rental mobil, leges alat bukti, Foto copy, meterai, dsb. sebagai akibat adanya perkara ini sebesar 1.000.000.000,- (Satu Milyar Rupiah) ;

Kerugian Immateriil;
Bahwa akibat adanya perkara sepak bola gajah ini, Penggugat merasa sangat dirugikan dengan kerugian Immateriil atau Moriil berupa perasaan tidak menyenangkan, stress, tersitanya waktu dan pikiran selama pengurusan perkara ini sampai dengan proses persidangannya di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat yang mana kerugian tersebut jika dikompensasi dengan nilai keuangan maka jumlahnya.

Halaman
123
Sumber: BolaSport.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Klub
    D
    M
    S
    K
    GM
    GK
    -/+
    P
    1
    Persib
    21
    14
    3
    4
    37
    25
    10
    45
    2
    Persija Jakarta
    22
    13
    5
    4
    31
    11
    13
    44
    3
    PSM Makasar
    22
    12
    8
    2
    39
    8
    22
    44
    4
    Madura United
    22
    11
    4
    7
    27
    14
    6
    37
    5
    Borneo
    21
    10
    6
    5
    38
    18
    15
    36
    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved